Cantiknya Motif Batik Kalimantan, Intip Yuk!

Nurdian Iqbaludin, Jurnalis · Selasa 16 Maret 2021 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 16 194 2378706 cantiknya-motif-batik-kalimantan-intip-yuk-k7T7XeAs55.jpg Cantiknya batik kalimantan (Foto: Inst Alfaizalccp /Inst eppic.studio)

Motif batik kalimantan memang tidak seterkenal motif batik Solo atau Pekalongan. Namun motif batik kalimantan sejatinya tak kalah dari motif batik Solo maupun Pekalongan.

Intip yuk berbagai motif batik kalimantan yang ternyata juga cantik loh. Seperti dikutip dari Pinterest, begini ragam motifnya.

1. Batik motif Dayak

 batik

Motif seni lukis suku Dayak merupakan perpaduan antara suatu pola dasar yang memiliki artinya masing-masing, kemudian dikreasikan dalam berbagai perpaduan beberapa motif dasar sehingga menjadi satu kesatuan rangkaian makna yang berarti.

Motif itu sendiri biasanya diambil dari bentuk binatang seperti burung enggang, naga, anjing. Juga berbagai tanaman, bunga. Cantik ya!

 

2. Batik motif batang garing

 batik

Batik motif batang garing merupakan salah satu corak klasik yang hanya melibatkan dua warna di dalamnya. Meski terlihat sederhana, bagi kalian yang pernah berkunjung ke Kalimantan Timur, pasti tidak asing dengan motif yang satu ini.

Sebab motif batik yang berasal dari Suku Dayak ini, selain bisa didapatkan pada kain batik khas Kaltim, juga kerap menjadi motif ukiran pada kerajinan atau benda-benda etnik khas Dayak atau Kutai. Batang Garing sendiri, merupakan simbol pohon kehidupan. Dengan motif mirip gurita yang memiliki tentakel saling bertaut.

3. Batik motif tidayu

 batik

Motif tidayu sebenarnya singkatan nama tiga etnis yakni, Tionghoa, Dayak, dan Melayu. Motif Tidayu mencakup motif-motif suci yang diadopsi dari masing-masing budaya daerah ini, misalnya motif Lembayung, Beuntai, Lentera, Hutan, Harmoni, Burung Hong, dan Burung Bangau. Motif ini mencerminkan harmoni antar suku dan budaya di Kota Singkawang.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini