Vaksin AstraZeneca Kedaluwarsa Mei 2021, Begini Penjelasannya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 16 Maret 2021 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 16 481 2378731 vaksin-astrazeneca-kedaluwarsa-mei-2021-begini-penjelasannya-E2LVPIEzZh.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: The Scientist)

Baru-baru ini pemerintah dikejutkan dengan waktu kedaluwarsa (expired) vaksin AstraZeneca pada Mei 2021. Alhasil pemerintah memutuskan untuk menunda vaksinasi menggunakan vaksin tersebut.

Dokter Relawan Covid-19, sekaligus Influencer Kesehatan, dr. Muhamad Fajri Adda’i mengatakan, terdapat terminologi selain expired pada vaksin yakni stability. Sebab vaksin memiliki banyak komponennya dan semuanya harus dalam kondisi stabil.

 Vaksin Covid-19

“Sehingga harus berada dalam suhu tertentu supaya zat aktif di dalamnya tetap bermanfaat dalam tubuh. Kesimpulannya stability index ini tergantung dari masing-masing vaksin. Tidak ada yang tahu, kecuali yang memiliki dan meneliti vaksin,” terang dr. Fajri, kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (16/3/2021).

Lebih lanjut, perusahaan yang memproduksi vaksin biasanya akan memperpanjang usia vaksin dalam kurun waktu tiga bulan, sambil memperhatikan kualitas vaksin. Sebab vaksin Covid-19 adalah barang yang baru.

“Sejauh ini diketahui AstraZeneca bertahan selama 6 bulan dalam penyimpanan yang baik dengan suhu standar yakni 2-8 derajat. Jika vaksin tersebut expired pada Mei, maka mungkin vaksin tersebut diproduksi pada Desember 2020. Ini adalah hal yang biasa saja,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini