Seperti Apa Layanan Kesehatan Digital di Masa Pandemi?

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 17 Maret 2021 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 16 481 2378939 seperti-apa-layanan-kesehatan-digital-di-masa-pandemi-QUDm4kpk4m.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PELAYANAN kesehatan di Indonesia terus berbenah. Salah satunya memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI).

AI menjadi salah satu teknologi modern yang sedang dikembangkan dan digunakan dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah layanan kesehatan.

Teknologi tersebut memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan. Bahkan Anda tak perlu pergi ke fasilitas secara langsung jika ingin bertemu dokter.

 Telemedicine

Terbukti kini muncul banyak aplikasi kesehatan di tengah pandemi. Dari mulai sekadar konsultasi dengan dokter, mendapat informasi seputar kesehatan, hingga layanan apotek online.

Diakui Perwakilan Lifepack & Jovee Natali Ardianto, contohnya saja apotek online bisa menjadi tren di masa pandemi. Jika ditambah dengan teknologi AI, dapat memenuhi kebutuhan layanan kesehatan maupun obat-obatan.

"Teknologi ini menawarkan kecanggihan layanan kesehatannya. Hal ini bisa sebagai olusi untuk pemenuhan obat-obatan bagi penderita penyakit kronis dan akut," ujarnya lewat keterangan tertulisnya bersama Generali Indonesia, Rabu (17/3/2021).

Sekalipun ada layanan apotek online, tentu masyarakat tidak boleh sembarang memilih. Pastikan penyedia jasa apotek online tersebut mengirimkan obat asli, bisa melakukan pemesanan obat kapan saja, jasa pengantaran yang cepat. Disusul dengan tambahan layanan konsultasi dokter umum secara gratis.

Dijelaskan lebih lanjut, pandemi memberikan momentum bagi layanan kesehatan digital. Layanan ini dapat memenuhi kebutuhan dan menjawab berbagai masalah kesehatan yang ada di masyarakat.

"Untuk itu, layanan kesehatan digital seperti adanya apotek online dapat dimanfaatkan secara maksimal," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini