Unik, Rekayasa Pisang Mbrojol Bisa Atur Panen dan Kualitas Buah Pisang

Trisna Purwoko, Jurnalis · Selasa 16 Maret 2021 09:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 16 612 2378470 unik-rekayasa-pisang-mbrojol-bisa-atur-panen-dan-kualitas-buah-pisang-h2qjcoBgcA.jpg Budi Riyanto si penemu teknik rekayasa Pisang Mbrojol. (Foto: Trisna Purwoko/iNews.id)

MASA panen dan kualitas buah dari pohon pisang kini bisa diatur. Ini berkat temuan teknik rekayasa bernama Pisang Mbrojol. Ini merupakan cara membuat pohon pisang bisa berbuah di bagian tengahnya. Jadi, batang pohon pisang cukup dipasak menggunakan bambu, lalu tandan pisang akan muncul dengan sendirinya di tengah-tengah.

Penemu teknik rekayasa Pisang Mbrojol ini adalah Budi Riyanto. Warga Kelurahan Srimulyo, Kecamatan Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tersebut tidak sengaja menemukan teknik pasak bambu ini. Awalnya Budi mendapati pohon pisang di pekarangan rumahnya yang berbuah di bagian tengah. Setelah diperhatikan, ternyata ada potongan bambu yang menancap di bagian tengah pohon itu.

Baca juga: 5 Manfaat Mengonsumsi Pisang, Salah Satunya Bikin Kulit Sehat 

Temuan ini kemudian dipraktikkan pada tanaman pisang yang lain. Hasilnya muncul tanda pisang di tengah batang pohon dengan ketinggian disesuaikan keinginan pemiliknya. Namun, tidak sembarangan pohon pisang bisa dipasak, harus yang sudah cukup tua dan siap berbuah.

"Kalau pohonnya belum tua, bukan tandan yang muncul, tetapi batang pohon pisang baru di tengah," ungkapnya.

Ilustrasi pisang. (Foto: Mrsiraphol/Freepik)

Temuan ini juga sudah disampaikan kepada perangkat kalurahan supaya bisa diajarkan kepada warga lain. Petani akan mudah mendapatkan pisang dengan ketinggian tertentu. Caranya cukup mudah, yakni dipasangi pasak dengan potongan bambu sepanjang 50 sentimeter.

Baca juga: Alpukat hingga Pisang, Buah yang Ampuh Bikin Perut Rata 

Budi memastikan kualitas buah dan rasanya sama dan tidak jauh berbeda dengan pisang pada umumnya. Besar kecilnya buah pisang juga akan esuai ukuran dari batang pohon yang tumbuh dengan normal.

"Rasanya tetap manis, tidak berbeda dengan buah pisang pada umumnya," ungkapnya.

Budi Riyanto menamakan rekayasa ini dengan nama Pisang Mbrojol. Ini dilakukan karena muncul di tengah-tengah batang indukan pohon pisang.

Dirinya berharap teknik rekayasa ini bisa membantu petani memudahkan dalam memanen pisang. Bahkan, ketika tumbuh di pekarangan rumah bisa menjadi hiasan.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini 8 Manfaat Makan Pisang Terlalu Matang 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini