Sekolah Online di Tengah Pandemi, Guru Jangan Hanya Memberi Tugas

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 17 Maret 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 16 612 2378826 sekolah-online-di-tengah-pandemi-guru-jangan-hanya-memberi-tugas-pPJFEJcuaP.jpg Sekolah online (Foto: Freepik)

Di tengah pandemi Covid-19, masih banyak sekolah online. Murid-murid diminta belajar secara online di rumah saja guna menekan penularan virus corona.

Pengamat Pendidikan Itje Chodidjah mengatakan, sekolah online sebenarnya bisa berjalan dengan baik. Namun hal yang menjadi masalah ketika pihak sekolah hanya memberikan tugas pada murid-murid.

 sekolah online

Itje menegaskan, kondisi seperti itu sebenarnya kurang baik. Maksudnya, beberapa sekolah ternyata masih menganggap murid-murid hanya butuh tugas, tetapi tidak diberikan ilmu yang bisa didiskusikan di dalam kelas.

"Anak sekolah itu nggak cuma butuh soal, tetapi gurunya memang harus memberikan pelajaran yang didiskusikan dalam kelas online. Jadi, si guru bukan cuma tukang tagih saja," ungkap Itje belum lama ini0.

Ini menjadi catatan penting bagi pihak sekolah, terutama kepala sekolah. Menurut Itje, kondisi seperti ini ada peran penting kepala sekolah sebagai seorang pemimpin di sekolah.

Penerapan kelas online hanya memberikan tugas itu kurang baik dan kepala sekolah mesti mengevaluasi tindakan semacam itu. "Kepala sekolah itu pengontrol sekolah secara umum dan dia mesti kontrol gurunya dalam melakukan sistem pendidikan," tambahnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini