4 Manfaat Ajaib Matcha Bagi Tubuh, Cocok untuk Perawatan Kulit

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 16 Maret 2021 23:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 16 612 2378948 4-manfaat-ajaib-matcha-bagi-tubuh-cocok-untuk-perawatan-kulit-Wi0GeIasi7.jpeg Matcha. (Foto: Shutterstock)

MATCHA atau teh asal Jepang itu, belakangan sangat populer di kalangan masyarakat. Bahkan teh ini digunakan sebagai bahan tambahan berbagai macam jajanan seperti es krim, minuman, hingga cake.

Tahukah Anda, selain nikmat dikonsumsi matcha juga bermanfaat untuk perawatan kecantikan, serta kesehatan Nutrisi seperti antioksidan dan kafein, cocok dijadikan bahan skincare. Dilansir dari laman Health Line, berikut ini manfaat matcha bagi kesehatan dan perawatan tubuh.

Melindungi Hati

Hati sangat penting untuk kesehatan dan memainkan peran sentral dalam membuang racun, memetabolisme obat, dan memproses nutrisi.

Beberapa penelitian menemukan, bahwa matcha dapat membantu melindungi kesehatan hati Anda.

Matcha

Meningkatkan Fungsi Otak

Para peneliti menemukan bahwa matcha menyebabkan peningkatan perhatian, waktu reaksi, dan memori, dibandingkan dengan plasebo.

Studi kecil lainnya menunjukkan, bahwa mengonsumsi 2 gram bubuk teh hijau setiap hari selama 2 bulan membantu meningkatkan fungsi otak pada orangtua.

Selain itu, matcha mengandung jumlah kafein yang lebih terkonsentrasi daripada teh hijau, mengemas 35 mg kafein per setengah sendok teh (sekitar 1 gram) bubuk matcha.

Antioksidan Tinggi

Matcha kaya akan katekin, kelas senyawa tumbuhan dalam teh yang berfungsi sebagai antioksidan alamiĀ 

Antioksidan membantu menstabilkan radikal bebas berbahaya, yaitu senyawa yang dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit kronis.

Menurunkan Berat Badan

Selanjutnya matcha juga dikenal dapat membantu menurunkan berat badan. Teh hijau satu ini terkenal dengan kemampuannya untuk meningkatkan penurunan berat badan.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa itu dapat membantu mempercepat metabolisme untuk meningkatkan pengeluaran energi dan meningkatkan pembakaran lemak.

Satu penelitian kecil menunjukkan, bahwa mengonsumsi ekstrak teh hijau selama olahraga sedang meningkatkan pembakaran lemak sebesar 17 persen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini