Ini Alasan Mengapa Bika Ambon Berasal dari Medan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 17 Maret 2021 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 17 298 2379179 ini-alasan-mengapa-bika-ambon-berasal-dari-medan-zO6pdlfF5R.jpg Bika Ambon (Foto: Inst Sarangsemut_cikpah)

Bika ambon merupakan kue berbentuk pipih dan berwarna kuning, walaupun ada juga bika ambon yang berwarna hijau. Bika ambon biasanya tersaji dalam potongan persegi.

Saat dimakan, Anda akan merasakan sensasi kenyal, legit, manis, gurih tercampur menjadi satu. Aroma pandan yang harum juga akan terasa menyengat. Tak heran jika bika ambon disukai banyak orang.

bika ambon

Saat mendengar kue bika ambon, mungkin sering muncul pertanyaan yang terlintas bahwa kue satu ini berasal dari Ambon. Padahal, kue legit satu ini berasal dari Medan.

Dikutip dari Youtube Pemko Medan, bika ambon berasal dari Medan karena tempat pertama kali dijual dan populernya bika ambon berada di simpang Jl. Ambon Sei Kera Medan. Kemudian sumber lain mengatakan, nama Bika Ambon berasal dari seorang warga Ambon yang merantau ke Malaysia dengan membawa kue bika.

Setelah tahu rasanya enak, orang tersebut tidak kembali ke Ambon lagi, tetapi singgah di Medan. Sehingga sejak empat puluh tahun lalu bika ambon jadi sangat terkenal di Medan.

Saat ini, Anda dapat dengan mudah menemukan bika ambon tanpa harus jauh-jauh ke Medan. Umumnya, bika ambon dibanderol dengan harga Rp50 ribu-Rp80 ribuan.

Bagi Anda yang gemar memasak, Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Mengingat bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bika ambon sangat mudah ditemui di pasaran.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini