Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Tengah Pandemi, Konsumsi 5 Makanan Ini

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 17 298 2379432 meningkatkan-daya-tahan-tubuh-di-tengah-pandemi-konsumsi-5-makanan-ini-JGhWEKWFU2.jpg Bawang putih (Foto: Web MD)

Di tengah pandemi Covid-19 masyarakat harus terus berjuang menjaga kesehatannya. Meski saat ini sudah dilakukan vaksinasi secara bertahap, bukan berarti Anda bisa abai terhadap protokol kesehatan.

Selain memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan, Anda mungkin masih butuh cara lain untuk melindungi agar terhindar Covid-19, seperti mengonsumsi makanan meningkatkan daya tahan tubuh di tengah pandemi.

Melansir Times of India, berikut 5 makanan yang bisa Anda tambahkan ke daftar diet guna meningkatkan daya tahan tubuh.

 cokelat hitam

1. Cokelat hitam

Sifat anti-inflamasi dan antioksidan dari cokelat hitam telah menunjukkan hasil yang menjanjikan melawan Mpro dalam virus SARS-CoV-2. Cokelat hitam juga memiliki kemampuan untuk mengurangi keparahan penyebaran Covid-19 di tubuh.

2. Makanan fermentasi

Sayuran yang difermentasi kaya akan vitamin K2, yang telah terbukti menekan produksi sitokin pro-inflamasi yang bertanggung jawab untuk gejala parah yang terkait dengan Covid-19.

3. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin A, C, dan E. Fitokimia di dalamnya sangat bagus untuk memperkuat sistem kekebalan Anda. Ini kaya akan antioksidan dan nutrisi tambahan termasuk magnesium fosfor, seng, dan zat besi.

4. Bawang putih

Bawang putih juga disebut sebagai penangkal infeksi. Ini memiliki sifat meningkatkan kekebalan yang diperlukan untuk melawan infeksi apa pun.

5. Teh hijau

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa senyawa dalam teh hijau memiliki kemampuan untuk menghambat enzim utama, atau protease (Mpro) dalam Covid-19 yang merupakan penyebab virus SARS-CoV-2. Teh hijau memiliki tingkat EGCG yang tinggi, yang dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini