Berbagai Jenis Penyakit yang Menyerang pada Musim Hujan

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 17 Maret 2021 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 17 481 2379152 berbagai-jenis-penyakit-yang-menyerang-pada-musim-hujan-1fxB3tH4MS.jpg Batuk-batuk (Foto: Deposit Photos)

Di tengah Pandemi Covid-19 dan musim hujan, banjir melanda di sejumlah wilayah di Indonesia. Salah satunya di pesisir Muara Gembong, akibat meluapnya sungai Ciheurang dari bagian jalur sungai Citarum di Kabupaten Bekasi. Akibatnya banyak lansia dan anak-anak yang membutuhkan pengobatan karena sakit.

"Kami melihat dampak besar dari pasca-banjir yang terjadi. Kebutuhan layanan kesehatan sangat dibutuhkan, terutama bagi kelompok lanjut usia dan anak. Oleh karena itu kami hadir," kata Dokter Siloam Hospitals Lippo Cikarang, dr Nancy Christina, Rabu, (17/3).

 batuk saat musim hujan

Nancy menjelaskan, antusiasme warga cukup tinggi dalam mengikuti pengobatan gratis yang dilakukan pihaknya. Mereka tidak berkumpul, saling mengatur waktu kunjungan ke Posko Konsultasi dan Pengobatan medis gratis tersebut.

"Protokol kesehatan tetap kami jalankan bersama masyarakat sekitar. Layanan medis yang kami jalankan berjalan tertib sesuai protokol Kesehatan. Memang sebagian besar diketahui mengidap penyakit gatal kulit, batuk, dan kebutuhan vitamin," imbuh Dokter Nancy.

Penyakit gatal-gatal, batuk, pilek memang merupakan penyakit yang sering menyerang saat musim hujan. Melansir dari Firstcry, memang terdapat sejumlah penyakit di musim hujan yang patut diwaspadai. Apa saja?

 

1. Batuk dan pilek

Penyakit umum yang jadi masalah kesehatan di musim hujan adalah batuk dan pilek. Penyakit ini dapat berkembang menjadi influenza. Penyebab dari penyakit ini adalah virus yang sangat menular dan menyebar dengan cepat melalui udara. Virus ini memasuki tubuh melalui hidung dan tenggorokan lalu memengaruhi saluran pernapasan bagian atas. Gejalanya adalah hidung berair, nyeri tubuh, tenggorokan yang terganggu, dan demam.

 

2. Scabies (penyakit kulit)

Di musim hujan, infeksi kulit juga mungkin terjadi. Salah satunya scabies yang dapat menginfeksi bayi dan anak-anak. Ini bisa menyebabkan iritasi ruam di seluruh tubuh.

Penyebabnya adalah tungau parasit yang berukuran kecil dan tumbuh subur di daerah hangat dan lembab seperti ketiak, lipatan kulit, siku, alat kelamin, serta kulit kepala. Penyakit ini menular dan dapat menyebar melalui kontak kulit-ke-kulit. Gejala penyakit meliputi ruam merah dengan tonjolan dan lepuhan berisi air serta Ada garis-garis coklat atau perak di daerah-daerah yang menunjukkan tungau masuk ke kulit.

3. Demam

Risiko demam meningkat di musim hujan. Sebagian besar penyebabnya terjadi karena infeksi virus. Strain yang menyebabkan penyakit ini bisa menjadi salah satu di antara banyak dan biasanya terdapat di udara.

Virus ini sering menyerang di saat cuaca mengalami fluktuasi. Gejala demam adalah bersin berulang, demam intens, kelemahan, dan sakit tenggorokan .

Oleh karena itu setiap warga selain melakukan pengobatan jika terkena penyakit, juga wajib menjalankan gaya hidup bersih dan sehat agar terhindar dari berbagai penyakit musim hujan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini