Yuk Ketahui, 7 Manfaat Besar di Balik Olahraga Bola Basket

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 07:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 17 481 2379381 yuk-ketahui-7-manfaat-besar-di-balik-olahraga-bola-basket-dJSOvmRgxT.jpg Olahraga bola basket. (Foto: Master1305/Freepik)

OLAHRAGA bola basket ternyata memiliki manfaat besar di baliknya. Dampak kesehatan tubuh akan didapat pemainnya. Manfaat yang paling fantastis adalah mendapatkan kekuatan, koordinasi, dan ketahanan otot.

Lantas, apa lagi manfaat besar olahraga bola basket untuk kesehatan tubuh? Simak penjelasannya berikut ini, sebagaimana dilansirr laman Healthline.

Baca juga: Gemetar Usai Olahraga, Ini Penyebabnya 

1. Membangun tulang yang sehat

Melakukan olahraga tim, seperti bola basket, dapat memberikan manfaat kesehatan fisik dan mental yang baik. Berdasarkan penelitian pada 2018, melakukan olahraga tim memiliki efek positif pada kekuatan tulang.

Orang yang bermain bola tangan dan sepakbola terbukti memiliki kepadatan mineral tulang yang lebih banyak daripada mereka yang tidak banyak bergerak.

2. Memperkuat daya tahan otot

Bermain bola basket membutuhkan ketangkasan, kekuatan, dan stamina. Anda harus dengan cepat bergerak kemudian mengubah arah menggunakan kontraksi otot intensitas tinggi berdurasi pendek.

Anda juga membutuhkan daya tahan otot untuk berulang kali memberikan kekuatan di waktu yang lama. Anda dapat meningkatkan ketahanan otot dengan bermain bola basket dan melakukan latihan untuk membangun kekuatan tubuh bagian bawah dan atas.

Anda juga bisa fokus untuk memperkuat otot inti dan punggung. Ini akan berdampak positif pada stamina, energi, level, dan kinerja Anda.

Bola basket. (Foto: Marymarkevich/Freepik)

3. Keterampilan gerakan dasar

Bermain bola basket menawarkan kesempatan kepada remaja untuk mengembangkan keterampilan motorik yang diperlukan untuk perkembangan. Penelitian pada 2018 menunjukkan keefektifan bola basket dalam meningkatkan keterampilan gerakan dasar yang perlu dipelajari sejak anak-anak.

Bermain bola basket membantu meningkatkan koordinasi motorik, fleksibilitas, dan daya tahan. Hal ini dapat mendorong kecepatan, kelincahan, dan kekuatan.

Keterampilan tersebut terbukti memiliki efek positif dalam meningkatkan berat badan yang sehat dan mendorong lebih banyak aktivitas fisik yang dapat meningkatkan kebugaran dan kardiorespirasi.

Baca juga: Kenali Keunggulan Olahraga Jalan dan Lari, Pilih Mana? 

4. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi

Bermain bola basket mengharuskan Anda mengembangkan koordinasi tangan-mata dan kaki saat menjaga keseimbangan selama bergerak. Ketika bermain, Anda perlu menggerakkan tubuh dengan cepat dan juga saat melompat, berputar, atau mengubah arah.

Bola basket mengharuskan Anda menggunakan keterampilan motorik seperti menembak, mengoper, dan menggiring bola. Mempertahankan tubuh yang kuat akan membantu Anda melakukan semua gerakan ini dengan lebih mudah.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Aktivitas fisik secara teratur membantu meningkatkan kesehatan jantung dan tingkat kebugaran secara keseluruhan. Menurut penelitian pada 2019, olahraga bola basket meningkatkan detak jantung yang memiliki efek positif pada kebugaran kardiorespirasi. Ini terkait dengan kemungkinan lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular pada seseorang.

Baca juga: Deretan Olahraga yang Cocok untuk Pekerja Kantoran 

6. Menurunkan stres

Terlibat dalam aktivitas fisik melepaskan endorfin, yang merupakan hormon perasaan-senang, atau kebahagiaan. Endorfin dapat meningkatkan mood Anda, meningkatkan relaksasi, dan mengurangi rasa sakit.

Endorphin juga dapat mengurangi depresi, meningkatkan harga diri, dan meningkatkan kinerja kerja Anda. Bermain bola basket juga akan membantu Anda mengasah kemampuan konsentrasi dengan tetap fokus pada permainan.

Ini juga dapat membantu Anda mengembangkan kesadaran atau perhatian saat ini. Alat-alat ini mungkin efektif untuk membantu mengatasi kecemasan di bidang lain dalam hidup Anda.

7. Memperbaiki komposisi tubuh

Dalam studi pada 2018, para peneliti menemukan bahwa bermain bola basket memiliki efek positif pada komposisi tubuh secara keseluruhan. Dalam penelitian ini, pria yang tidak terlatih menjalani 3 bulan olahraga bola basket jalanan, memiliki efek positif pada kebugaran dan komposisi tubuh secara keseluruhan. Setelah pelatihan, para pria meningkatkan massa tubuh tanpa lemak dan menurunkan persentase lemak tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini