Komedo Buat Hidung Gatal? Atasi Pakai 5 Bahan Alami

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 17 Maret 2021 23:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 17 611 2379562 komedo-buat-hidung-gatal-atasi-pakai-5-bahan-alami-Ia1qfKRFlx.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BINTIK hitam di hidung atau yang biasa disebut komedo, memang bsa membuat hidung gatal. Selain itu komedo di hidung pun juga mengganggu penampilan kita loh.

Banyak alat-alat kecantikan yang menawarkan solusi untuk komedo. Padahal, kita bisa mencegahnya dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Ada banyak pilihan bahan alami yang dapat membuat hidungmu bebas komedo. Contohnya saja bahan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk nipis atau tomat.

Lebih lanjut berikut adalah uraian lima bahan alami yang dapat kamu pakai untuk menghilangkan maupun mencegah timbulnya komedo. Simak yuk, seperti dilansir dari Boldsky.

Komedo

Pepaya

Pepaya memiliki kandungan vitamin A, C, dan E yang sangat berperan dalam menutrisi kesehatan kulit. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki permasalahan komedo membandel maka sangat disarankan untuk menggunakan masker dari scrub pepaya secara rutin.

Tomat

Tomat ternyata juga menjadi salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan komedo. 

Karena tomat mengandung antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat mengangkat bakteri penyebab munculnya komedo di bagian kulit wajah yang sudah memiliki pori-pori terbuka cukup besar. Manfaatkan tomat sebagai masker alami dengan cara membalurkan di wajah.

Garam

Berikutnya, Anda juga dapat menghilangkan permasalahan komedo di wajah dengan menggunakan scrub garam. Garam fungsinya dapat membunuh berbagai kuman ataupun bakteri di kulit loh. Termasuk halnya untuk menghilangkan komedo.

Jeruk nipis

Jeruk nipis menjadi salah satu bahan alami yang sudah terbukti mampu menghilangkan komedo hitam ataupun putih yang biasa membandel di bagian hidung. Cara menggunakannya pertama cuci muka terlebih dahulu, kemudian potong jeruk nipis menjadi dua bagian. 

Setelah itu, usapkan di bagian wajah yang memiliki komedo perlahan karena sangat perih apabila mengenai bagian mata. Usapkan ke bagian wajah sambil menekan kulit jeruk agar airnya keluar. Diamkan lalu bilas wajah dengan air mengalir.

Madu

Madu memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kulit wajah. Selain dapat membuat wajah menjadi cerah, melembapkan minyak, kemudian mengobati jerawat. Jika kamu ingin pakai madu untuk hilangkan komedo terapkan sebelum tidur. 

Caranya cuci muka terlebih dahulu, lalu usapkan masker madu secara merata ke seluruh bagian wajah. Nah, biarkan dalam waktu satu malam, kemudian di pagi hari basuhkan wajah dengan air hangat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini