Yoga vs Zumba, Mana yang Lebih Baik untuk Menurunkan Berat Badan?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 17 Maret 2021 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 17 612 2379279 yoga-vs-zumba-mana-yang-lebih-baik-untuk-menurunkan-berat-badan-JHxoFDez2m.jpg Yoga (Foto: Freepik)

Yoga dan Zumba sama-sama populer dan bermanfaat bagi kesehatan kita. Mereka bagus untuk menurunkan berat badan, menjaga postur tubuh dan banyak fungsi lainnya yang bermanfaat untuk tubuh.

Yoga mempraktikkan asana berbeda yang berfokus pada bagian tubuh yang berbeda untuk meningkatkan fungsinya. Zumba adalah latihan gaya tari berbasis Latin.

Zumba berfokus pada penurunan berat badan dan aktivitas kardiovaskular. Tapi yoga, di sisi lain, meningkatkan kelenturan tubuh kita.

Jadi, melansir Pink Villa pada Rabu (17/3/2021), berikut adalah hal yang harus Anda ketahui tentang kedua bentuk olahraga ini.

 zumba

1. Kalori yang terbakar

Di Zumba, Anda bisa membakar lebih banyak kalori dengan mudah daripada yoga. Zumba satu jam saja bisa membakar hampir 540 kalori. Jadi, dalam hal penurunan berat badan, Zumba lebih efektif. Tetapi pembakaran kalori dengan yoga bergantung pada usia, ukuran, dan fleksibilitas orang tersebut.

2. Fleksibilitas

Zumba berfokus pada aktivitas kardiovaskular dengan meningkatkan detak jantung Anda untuk mengencangkan tubuh Anda dan membuatnya bugar. Jadi, untuk fleksibilitas, Zumba tidak efektif. Yoga sangat bagus untuk meningkatkan fleksibilitas Anda. Berbagai pose yoga tidak hanya meningkatkan kelenturan Anda, tetapi juga membuat Anda rileks.

3. Durasi

Karena Zumba bisa membakar lebih banyak kalori, Anda bisa menurunkan berat badan lebih cepat daripada yoga. Ini akan lebih cepat bagi Anda untuk mengencangkan tubuh dan menjadi bugar.

Yoga, di sisi lain, membutuhkan lebih banyak waktu untuk menurunkan berat badan. Namun seiring dengan proses penurunan berat badan, hal itu juga akan memperbaiki postur tubuh Anda.

Jadi, jika Anda ingin menurunkan berat badan lebih cepat dan meningkatkan aktivitas kardiovaskular, lakukan Zumba. Dan jika tujuan Anda adalah untuk memperbaiki postur tubuh Anda, lakukan meditasi untuk meningkatkan proses pernapasan, kemudian berlatih yoga secara teratur.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini