Pentingnya Kualitas Tidur yang Baik Selama Pandemi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 17 Maret 2021 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 17 612 2379412 pentingnya-kualitas-tidur-yang-baik-selama-pandemi-covid-19-sDipS8D0vb.jpg Tidur yang baik (Foto: Healthline)

Selama pandemi Covid-19, masyarakat dituntut untuk selalu menjaga kesehatan agar dapat meningkatkan imunitas tubuh. Salah satu cara agar dapat tetap sehat dan bugar selama masa pandemi adalah memiliki istirahat cukup dan tidur yang baik.

Praktisi Kesehatan Tidur, dr. Andreas Prasadja, RPSGT mengatakan, kualitas tidur yang baik memiliki peran penting pada kesehatan tubuh dan produktivitas manusia sehari-hari. Ia pun menjelaskan salah satu ciri tidur yang berkualitas.

 tidur

“Ciri tidur berkualitas adalah durasi cukup (7-9 jam), berkontinuitas (tidur tidak terhenti hingga bangun esok hari) dan kedalaman atau kenyenyakan,” terang dr. Andreas, dalam virtual press conference dengan awak media, Rabu (17/3/2021).

Sayangnya, selama masa pandemi Covid-19 banyak orang yang mengalami kesulitan tidur karena stres, kesibukan yang tinggi, serta pola hidup tidak sehat. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa salah satu masalah kesehatan yang banyak dikeluhkan oleh penyintas Covid-19 adalah gangguan tidur.

“Gangguan tidur yang dialami orang dewasa umumnya ditandai dengan rasa mengantuk di siang hari, kesulitan tidur di malam hari, sering terbangun di tengah malam, serta siklus tidur dan bangun tidak teratur,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini