Pentingnya Menjaga Asupan Nutrisi Seimbang di Tengah Pandemi

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 14:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 298 2379929 pentingnya-menjaga-asupan-nutrisi-seimbang-di-tengah-pandemi-fpsi8HJ3If.jpg Nutrisi seimbang (Foto: Pixabay)

Di tengah pandemi Covid-19, masyarakat harus terus menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya masyarakat wajib menjaga keseimbangan asupan nutrisi tubuh.

Mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan, terutama membantu meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi covid-19 ini.

 makanan bernutrisi

Asupan dengan nutrisi seimbang akan memenuhi kebutuhan gizi seseorang dalam jumlah kalori tertentu.

"Gizi yang seimbang sangat penting untuk tubuh. Orang yang mengonsumsi makanan bergizi seimbang akan memiliki badan lebih sehat, sistem imun yang lebih kuat, dan risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit kronis dan infeksi," ujar Ahli Nutrisi dr Christina Rusli SpGK, seperti dikutip dari Antara belum lama ini.

Ahli Nutrisi dr Christina Rusli SpGK mengatakan, kebiasaan mengonsumsi bahan makanan yang bervariasi dan segar setiap hari penting untuk memenuhi kebutuhan makronutrien (karbohidrat, protein, dan lemak), mikronutrien (vitamin dan mineral), serat, dan antioksidan harian bagi tubuh.

Menurut rekomendasi Kementerian Kesehatan, dalam seporsi makanan, separuh piring makan seharusnya terdiri dari sayur dan buah. Separuh lagi berisi protein dan karbohidrat. Dalam setiap sajian sebaiknya juga memerhatikan kandungan gula, garam, dan lemak.

Pentingnya nutrisi seimbangkan juga diungkapkan oleh Herbalife Nutrition. Hal ini dilakukan dengan penunjukan Dr. Rimbawan (Ph.D) sebagai anggota Nutrition Advisory Board (NAB) atau Dewan Penasihat Nutrisi yang pertama di Indonesia.

Dr. Rimbawan sendiri merupakan seorang pakar dalam biokimia dan nutrisi, yang juga seorang pengajar di Departemen Gizi Masyarakat dari Institut Pertanian Bogor.

“Sebagai seorang pakar yang sangat dihormati di bidang nutrisi dan diet, bergabungnya Dr. Rimbawan sangat bernilai dalam tim pakar kami di bidang nutrisi, ilmu pengetahuan, dan kesehatan. Apalagi nutrisi yang seimbang dan sehat ini sangat dibutuhkan bagi kesehatan masyarakat, makanya bergabungnya beliau merupakan hal yang penting,” kata Chief Health and Nutrition Officer Herbalife Nutrition Dr. Kent Bradley.

“Kami sangat mengharapkan kerja sama dengannya agar dapat menginspirasi masyarakat untuk mengambil langkah-langkah dalam perubahan nutrisi dan gaya hidup yang positif, dan membantu mengatasi berbagai persoalan utama yang terkait dengan kesehatan," tambahnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini