Cara Jawa Timur dalam Kurangi Kasus Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 481 2379784 cara-jawa-timur-dalam-kurangi-kasus-covid-19-89YifwV0FB.jpg Pandemi virus corona (Foto: Fierce Biotech)

Pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air sempat membuat Indonesia kelimpungan dalam mengatasi krisis kesehatan. Beberapa wilayah di Indonesia salah satunya Jawa Timur menjadi salah satu daerah dengan kasus Covid-19 tertinggi.

Meski demikian, pada saat ini sejumlah wilayah di Indonesia ini berhasil menekan angka kasus Covid-19. Hal ini tidak lepas dari kolaborasi yang dilakukan pemerintah daerah dengan tim Lapor Covid-19 yang membantu mengawasi masalah yang dihadapi masyarakat di lapangan.

pandemi Covid-19 

Gugus Tugas Kuratif Percepatan Penanganan Covid-19 di Jawa Timur, Makhyan Jibril menjelaskan, pemerintah Jawa Timur menggunakan transparansi data sebagai kunci utama dalam menghentikan pandemi Covid-19.

“Sejak awal Provinsi Jawa Timur sudah menjadi contoh dari provinsi yang menyediakan akses secara terbuka bagi masyarakat untuk memahami dan mengetahui angka sebaran Covid-19,” terang dr. Jibril, dalam Laporcovid-19 ‘Virtual Closing Event: One Year Reflection of Covid-19 Pandemic’, Kamis (18/3/2021).

Menurutnya, setiap kabupaten dan kota di Jawa Timur selalu melaporkan sebaran Covid-19, baik kasus terkonfirmasi, suspek, probable atau dulu yang disebut ODP dan PDP. Data dari inilah digunakan bersama-sama untuk tim Lapor Covid-19 untuk menjadi fondasi membangun sistem angka reproduksi yang berbasis kabupaten atau kota.

“Angka ini menjadi satu petunjuk yang sangat penting bagi masyarakat Jawa Timur untuk melihat situasi pandemi daerah 38 kota dan kabupaten di Jawa Timur. Angka ini juga menginformasikan langkah dan kebijakan yang akan diambil apakah sudah tepat atau belum dalam menekan laju penularan Covid-19,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini