Menstruasi Tidak Teratur, 5 Pengobatan Rumahan Ini Bisa Mengatasinya

Diana Rafikasari, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 481 2379847 menstruasi-tidak-teratur-5-pengobatan-rumahan-ini-bisa-mengatasinya-zmUzJjbT4K.jpg Ilustrasi menstruasi tidak teratur. (Foto: Shutterstock)

SEJUMLAH wanita mengungkapkan mengalami kondisi menstruasi tidak teratur. Sebuah studi mendapati hasil wanita menstruasi berlangsung selama 4 hingga 8 hari. Wanita mengalami menstruasi antara usia 11 dan 14 tahun. Periode ini berlanjut sampai wanita mencapai tahap menopause yaitu sekira usia 50 tahun.

Setiap wanita mengalami menstruasi dengan gejala berbeda, tapi yang paling umum perut kram, nyeri kaki, nyeri payudara dan punggung, hingga pendarahan berlebihan.

Baca juga: Sejak Dulu Aprilia Manganang Tidak Pernah Menstruasi, Ini Penjelasan Dokter 

Bagi wanita yang mengalami menstruasi teratur setiap bulan, berarti siklus menstruasinya normal dan sehat. Tidak setiap wanita mengalami menstruasi secara teratur. Beberapa wanita menghadapi menstruasi yang tidak teratur karena alasan tertentu. Faktor-faktor seperti stres juga dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur.

Sangat penting menjaga keteraturan menstruasi karena memengaruhi tubuh secara langsung. Seorang wanita bisa menderita penyakit serius jika menstruasi tidak tepat waktu.

Ilustrasi menstruasi. (Foto: Sheknows)

Seorang wanita harus memastikan dapat melacak menstruasi secara teratur. Mengetahui tanggal menstruasi membuatnya lebih mudah memprediksi periode berikutnya.

Hindari juga minum terlalu banyak mengonsumsi obat untuk mengatasi masalah menstruasi. Menggunakan pengobatan rumahan merupakan ide yang baik.

Lantas, apa saja pengobatan rumahan untuk atasi menstruasi tidak teratur? Berikut lima di antaranya, seperti dilansir laman Times Now News, Kamis (18/3/2021).

Baca juga: Pembalut Wanita Bisa Sebabkan Kanker, Benarkah? 

1. Jintan

Jintan adalah nutrisi yang sangat penting. Ini membantu dalam menjaga otot rahim dan memperbaiki ketidakteraturan periode dengan sangat cepat. Jintan sebaiknya dikonsumsi dengan air hangat setiap pagi. Selain itu, jintan juga mengurangi stres saat menstruasi.

2. Kayu manis

Menambahkan kayu manis ke makanan sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah menstruasi. Kayu manis juga membantu dalam mengobati PCOS. Ini memperbaiki ketidakteraturan menstruasi serta mengurangi rasa sakit yang disebabkan ketika pendarahan.

3. Cuka sari apel

Minum cuka sari apel mengatur menstruasi dan juga mengobati PCOS. Menggunakannya bisa dengan mengencerkannya memakai air atau mengonsumsinya secara langsung. Cuka sari apel juga dapat memulihkan menstruasi ovulasi.

Baca juga: Kram Menstruasi Bisa Diredakan dengan 3 Posisi Tidur Ini Lho 

4. Jahe

Jahe meredakan gejala PMS untuk mengobati menstruasi yang tidak teratur. Mengonsumsi jahe tujuh hari sebelum tanggal menstruasi menunjukkan hasil terbaik. Ini juga membantu mengurangi jumlah darah yang hilang selama menstruasi.

5. Nanas

Nanas adalah obat rumahan yang sangat baik untuk menstruasi yang tidak teratur. Buah ini mengandung bromelain yang merupakan enzim yang melembutkan lapisan rahim dan mengatur menstruasi. Nanas juga memiliki sifat anti-inflamasi pereda nyeri sehingga meredakan periode nyeri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini