Supaya Anak Tumbuh Sehat, Terapkan Aturan Makan dan Tidur Ini

Diana Rafikasari, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 481 2379857 supaya-anak-tumbuh-sehat-terapkan-aturan-makan-dan-tidur-ini-4YrCbjEcfI.jpg Ilustrasi pola makan anak-anak. (Foto: Pvproductions/Freepik)

ANAK memerlukan asupan gizi yang seimbang untuk pertumbuhan fisik dan mentalnya. Selain itu, pola tidur yang baik juga bisa memengaruhinya. Di sinilah peran orangtua menjadi sangat penting dalam mengatur dua hal tersebut.

Penting bagi orangtua, khususnya ibu, memahami jadwal tidur dan pola makan yang tepat pada bayi hingga masa transisi menjadi balita. Dengan demikian, ibu memiliki waktu istirahat yang cukup.

Baca juga: Cara Membedakan Alergi dan Infeksi pada Anak, Simak Ya Bun! 

Menurut dokter spesialis anak Kanya Ayu Paramastri SpA, jadwal makan dan menyusui yang teratur penting untuk merangsang rasa lapar anak, khususnya jika sudah berusia di atas 3 bulan. Artinya, bayi dilatih untuk bisa menyadari rasa lapar dan kenyang timbul pada dirinya sendiri.

"Sedangkan jadwal tidur yang baik sesuai usia anak penting untuk pertumbuhan, perkembangan, kecerdasan intelektual (IQ), pemulihan energi, serta berdampak pada mental dan emosi," ujar dr Kanya dalam keterangannya, Kamis (18/3/2021).

Anak tidur. (Foto: Gpointstudio/Freepik)

Ia juga membagikan beberapa aturan tidur dan makan yang baik diterapkan kepada anak. Untuk bayi usia lebih dari 6 bulan biasakan makan maksimal hanya 30 menit dan tidak dijanjikan hadiah, susu, atau es krim jika mampu menghabiskan makanannya.

Baca juga: Anak Kekurangan Berat Badan, Beri 5 Makanan Ini untuk Bantu Pertumbuhannya 

"Anak juga harus dibiasakan makan di meja makan sehingga tidak ada distraksi. Sebaiknya berikan makanan setiap 2 sampai 3 jam sekali dengan jeda air putih saja. Sedangkan untuk tidur, tentukan waktu tidur yang konsisten dan pastikan popoknya kering, pakaian dan tempat tidurnya bersih dan nyaman," jelasnya.

"Anak dianjurkan tidur dalam keadaan kenyang dan biasakan untuk mengenalkan suasana tenang menjelang tidur," sambungnya.

Sementara itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyarankan anak usia prasekolah (usia 3 sampai 5 tahun) harus aktif secara fisik sepanjang hari untuk tumbuh kembang. Orangtua harus mendorong anak-anak usia prasekolah aktif saat bermain.

Anak-anak dan remaja usia 6 hingga 17 tahun harus melakukan 60 menit atau lebih aktivitas fisik intensitas sedang hingga kuat setiap hari. Ini termasuk senam harian dan aktivitas yang memperkuat tulang seperti berlari atau melompat setiap tiga hari setiap minggu, lalu yang membangun otot seperti memanjat atau melakukan push-up setiap 3 hari setiap minggu.

Baca juga: Bunda, Ini Lho Cara Efektif Menidurkan Anak Menurut Dokter 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini