3 Jenis Pisang yang Baik Dikonsumsi, Bisa untuk Menurunkan Berat Badan

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 481 2379900 3-jenis-pisang-yang-baik-dikonsumsi-bisa-untuk-menurunkan-berat-badan-4e5zPmh7K3.jpg Buah pisang. (Foto: Giorgio Trovato/Unsplash)

PISANG adalah salah satu sumber karbohidrat yang baik untuk menambah energi. Pisang juga mendukung kalium otot, folat, dan triptofan yang mengatur suasana hati.

Kemudian setiap jenis pisang menawarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apa saja jenis pisang tersebut? Berikut tiga di antaranya, seperti dirangkum dari Times of India, Kamis (18/3/2021).

Baca juga: Unik, Rekayasa Pisang Mbrojol Bisa Atur Panen dan Kualitas Buah Pisang 

1. Pisang yang terlalu matang (pisang kecoklatan) kurang baik untuk diet

Penelitian telah menemukan bahwa pisang yang terlalu matang dan memiliki bintik-bintik coklat adalah pisang yang kurang baik untuk dikonsumsi. Saat pisang matang, pati yang seharusnya bermanfaat mulai rusak dan berubah menjadi gula.

Pisang ukuran sedang yang terlalu matang mengandung 17,4 gram gula; sedangkan pisang kuning dengan ukuran yang sama hanya mengandung 14,4 gram gula. Ini berarti ada peningkatan gula sebesar 3 gram dari glukosa dan fruktosa dalam pisang matang.

Kadar gulanya meningkat karena pati dalam pisang yang merupakan karbohidrat kompleks secara alami terurai menjadi gula sederhana dari waktu ke waktu. Pisang yang terlalu matang juga memiliki lebih sedikit serat.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Diabetic Medicine, gula darah pada penderita diabetes tidak melonjak tajam ketika mengonsumsi pisang mentah dibandingkan saat mengonsumsi pisang yang terlalu matang.

Pohon pisang.

2. Pisang kuning pilihan yang tepat dikonsumsi

Pisang kuning merupakan standar pisang yang baik dan sehat untuk dikonsumsi. Semua manfaat baik ada ketika mengonsumsi pisang kuning.

Baca juga: Alpukat hingga Pisang, Buah yang Ampuh Bikin Perut Rata 

3. Pisang hijau pilihan tepat untuk diet

Pisang yang kurang matang atau pisang hijau dikenal dengan kandungan gulanya yang lebih rendah. Pati resisten baik untuk pencernaan karena tidak dapat diuraikan oleh enzim perut dan dengan demikian membuat kenyang lebih lama. Anda bisa menambahkan pisang hijau ke smoothie menggunakan tepung pisang.

Tentang penurunan berat badan, pati resisten dan kandungan gula rendah dari pisang hijau menjadikannya pilihan terbaik jika Anda sedang mencoba menurunkan berat badan ekstra.

Namun, pisang hijau agak sulit dimasukkan ke makanan harian, pilihan terbaik adalah pisang kuning. Pisang yang terlalu matang memang lebih tinggi gula tetapi dengan memasangkannya dengan makanan rendah pencernaan seperti selai kacang, kacang-kacangan, roti gandum, dapat menyeimbangkan pisang tersebut.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini