6 Cara Alami Hentikan Bersin yang Terjadi Terus-Menerus

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 481 2379906 6-cara-alami-hentikan-bersin-yang-terjadi-terus-menerus-4T5GOxYA79.jpg Ilustrasi bersin. (Foto: Sweetlouis/Freepik)

TIDAK masalah jika bersin sesekali. Tapi kalau terjadi terus-menerus bisa membuat lelah dan jengkel. Bersin bisa disebabkan beberapa hal, di antaranya pilek atau alergi. Ada juga pemicu kecil lainnya yang bisa membuat bersin tanpa henti.

Sederhananya, bersin adalah pertahanan pertama tubuh melawan bakteri asing. Ini adalah tindakan refleks yang berhenti dengan sendirinya setelah beberapa saat.

Baca juga: Bersin Ucapkan Alhamdullilah, Bagi yang Mendengar Katakan Yarhamukallah 

Sebelum itu, Anda harus mengenali penyebabnya. Dengan mengetahui beberapa penyebab bersin, Anda bisa mencegahnya di kemudian hari dan dapat menanganinya.

Beberapa penyebab bersin adalah debu, bulu hewan peliharaan, parfum, makanan pedas, lada hitam, dan virus flu biasa. Jika kamu tidak dapat mengetahui penyebabnya, segera hubungi dokter agar diberikan resep obat terbaik.

Setelah mengetahui masalahnya, berikut cara alami menghentikan bersin yang terjadi terus-menerus, menurut laporan laman Times of India, Kamis (18/3/2021).

Bersin. (Foto: Jcomp/Freepik)

1. Minuman madu

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum madu dapat membantu mencegah bersin terkait pilek dan flu. Madu dapat membantu tubuh beradaptasi dengan alergen yang ada di lingkungan. Dengan satu sendok teh madu dapat mengurangi peradangan dan memberikan kelegaan instan. Ini juga bisa diterapkan pada ruam alergi tropis untuk bantuan instan.

2. Menghirup uap

Menghirup uap air panas adalah cara lain untuk mengatasi bersin. Langkah yang perlu dilakukan, ambil air panas dalam mangkuk besar dan hirup uap yang dikeluarkan. Tutupi kepala dengan handuk untuk menghirup uap dengan benar. Menguapkan uap panas dapat membersihkan saluran hidung dan juga mengobati hidung meler.

Baca juga: Terungkap, Ini Penyebab Mata Otomatis Menutup saat Bersin 

3. Hindari makan besar

Mungkin terdengar aneh tetapi beberapa orang bahkan mulai bersin setelah makan besar. Dalam istilah medis, ini disebut sebagai snatiasi, yang terdiri dari dua kata "bersin" dan "kenyang". Para ahli belum dapat memahami mengapa ini terjadi. Tapi bisa dengan mudah dicegah dengan makan dalam porsi kecil dan makan lebih sedikit.

4. Merangsang langit-langit mulut

Merangsang langit-langit mulut dengan lidah bisa membantu menahan bersin. Lakukan ini selama beberapa detik sebelum bersin dapat membantu mencegahnya terjadi.

Baca juga: Cegah Covid-19, Dokter Imbau Segera Menjauh dari Orang Batuk dan Bersin 

5. Menjepit hidung

Ini adalah metode lain untuk menghentikan bersin sebelum terjadi. Ketika Anda merasa akan bersin, cubit hidung di lubangnya seolah-olah sedang mencium sesuatu yang tidak enak. Anda juga bisa mencubit hidung tepat di bawah alis. Kedua trik ini cukup ampuh.

6. Konsumsi vitamin C

Buah seperti jeruk dan lemon mengandung bahan kimia yang disebut flavonoid. Ini merupakan antioksidan kuat. Flavonoid dapat membantu membangun kekebalan dan membantu melawan bakteri yang tidak diinginkan yang menyebabkan pilek dan alergi lainnya.

Anda dapat menambahkan suplemen vitamin C ke makanan. Ini sama bermanfaatnya dengan buah alami. Vitamin C mungkin tidak langsung meredakannya, tetapi lama-kelamaan mungkin bisa mengurangi bersin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini