Waspada Stres Akibat Pandemi Covid-19, Kenali Gejalanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 481 2380113 waspada-stres-akibat-pandemi-covid-19-kenali-gejalanya-P9MY4c7KcR.jpg Ilustrasi mengalami gejala stres akibat pandemi covid-19. (Foto: Freepik)

PANDEMI covid-19 tidak hanya menimbulkan masalah kesehatan fisik bagi masyarakat, namun juga memengaruhi kondisi mental. Bagi sebagian orang, menghadapi ketidakpastian selama pandemi dapat memicu terjadinya stres. Tentu kondisi ini akan memberikan efek pada daya tahan tubuh dan kesehatan jiwa seseorang.

Sebagaimana diketahui, setiap perubahan yang terjadi bisa menimbulkan stres pada sebagian individu. Misalnya, anggota keluarga yang mendadak sakit, deadline pekerjaan yang menumpuk, asisten rumah tangga yang mendadak pulang kampung dan tidak kembali lagi, bisa memicu seseorang mengalami stres.

Baca juga: 3 Rekomendasi MUI Terkait Vaksinasi Covid-19 saat Ramadhan 

Merangkum dari unggahan akun Instagram Pemerintah Provinsi DKI Jakarta @dkijakarta, Kamis (18/3/2021), stres merupakan situasi dan kondisi yang menekan seseorang. Stres bisa berasal dari lingkungan rumah, tempat kerja, atau sekolah. Pada kenyataannya stres dapat menyebabkan dua reaksi yang mengarah pada hal positif dan negatif.

Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Shutterstock)

"Reaksi positif dari stres adalah memotivasi untuk berusaha lebih keras dan lebih baik. Sementara rekasi negatif dari stres adalah menimbulkan gangguan dam kehidupan sehari-hari," jelas unggahan tersebut.

Sama seperti penyakit pada umumnya, stres memiliki gejala yang bisa dikenali sejak dini. Di antaranya adalah:

Baca juga: Masyarakat Antusias, Sentra Vaksinasi Covid-19 Akan Dibuka di Banyak Provinsi 

1. Gelisah, muka pucat, dan berdebar-debar.

2. Sulit tidur dan tidak nyenyak.

3. Nafsu makan berkurang atau justru nafsu makan menjadi berlebih.

4. Mudah tersinggung.

5. Sulit konsenterasi.

6. Keluhan seperti sakit kepala, perut, hingga maag.

Selain itu, stres yang menumpuk juga dapat menimbulkan gangguan kesehatan fisik maupun jiwa. Pasalnya, setiap orang memiliki batas kritis menghadapi stres. Batas kritis tiap orang berbeda dari waktu ke waktu, tergantung keadaan kesehatan , keluarga, tuntutan pekerjaan dan lain-lain.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini