3 Teknik Relaksasi Mengatasi Stres saat Pandemi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 481 2380120 3-teknik-relaksasi-mengatasi-stres-saat-pandemi-covid-19-ku00cqUTlb.jpg Ilustrasi stres saat pandemi covid-19. (Foto: Jcomp/Freepik)

PANDEMI covid-19 yang sudah lebih dari satu tahun menyerang Indonesia menimbulkan gangguan kesehatan fisik bagi banyak orang. Tidak sedikit juga masyarakat yang mengalami masalah kesehatan mental seperti stres akibat berbagai tantangan dan tekanan selama masa pandemi covid-19.

Sebagaimana diketahui, stres merupakan situasi dan kondisi yang menekan seseorang. Stres bisa berasal dari lingkungan rumah, tempat kerja, atau sekolah. Pada kenyataannya stres dapat menyebabkan dua reaksi yang mengarah pada hal positif dan negatif.

Baca juga: Tidak Disangka, Deretan Makanan Ini Bisa Hilangkan Stres 

Kemudian stres yang menumpuk juga dapat menimbulkan gangguan kesehatan fisik maupun jiwa. Sebab, setiap orang memiliki batas kritis menghadapi stres. Batas kritis tiap orang berbeda dari waktu ke waktu, tergantung keadaan kesehatan , keluarga, tuntutan pekerjaan, dan lain-lain.

Oleh karena itu, stres harus dikelola dengan baik agar tidak menimbulkan dampak buruk terhadap kondisi kesehatan mental seseorang. Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengelola stres. Misalnya, melakukan aktivitas fisik dan olahraga yang disukai, mengobrol dengan keluarga atau teman lewat telepon atau media sosial, dan lain sebagainya.

Jika perasaan makin kalut, bahkan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, maka mengunjungi psikolog atau berkonsultasi dengan konselor pribadi bisa menjadi cara lain untuk dilakukan. Namun jika ingin mengelolanya sendiri, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan.

Baca juga: Redakan Stres hingga Obat Mabuk, Manfaat Minum Teh Jahe saat Pagi Hari 

Merangkum dari unggahan akun Instagram Pemerintah Provinsi DKI Jakarta @dkijakarta, Kamis (18/3/2021), berikut tiga teknik relaksasi yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres saat pandemi covid-19. Yuk disimak.

1. Duduk dengan posisi santai dan nyaman. Pejamkan mata dan bayangkan hal yang menyenangkan.

2. Tarik napas dari hidung. Tahan selama tiga hitungan, lalu embuskan dari mulut. Bayangkan beban pikiran terlepas. Ulangi cara ini sebanyak tiga kali.

3. Syukuri nikmat Tuhan, ikhlas dan sabar.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini