Benarkah Madu Tidak Akan Basi?

Hantoro, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 481 2380157 benarkah-madu-tidak-akan-basi-yZFKnkJ88W.jpg Ilustrasi madu murni. (Foto: Fancycravel1/Pixabay)

HAMPIR semua orang menyukai madu. Sebab, madu memiliki rasa enak dan khasiat beragam. Tapi ternyata ada fakta menarik yang belum diketahui banyak orang, yakni madu tidak akan basi atau kedaluwarsa.

Dikutip dari Mentalfloss, Kamis (18/3/2021), laman Simplemost menjelaskan bahwa madu sebagian besar terdiri dari gula dan air, rasio dimiliki biasanya 80:20 yang mendukung gula. Dikarenakan gula bersifat higroskopis, bisa membuat bakteri dehidrasi, lalu mengeluarkan air darinya. Ini sangat sulit untuk apa pun yang berbahaya berkembang biak di dalamnya.

Baca juga: Jangan Berhenti Konsumsi Madu, Kenali Khasiatnya untuk Tubuh 

Madu juga sangat padat yang membuat bakteri kekurangan oksigen, padahal ini dibutuhkannya untuk berkembang biak. Terakhir, madu juga sangat asam. Semua ini membuatnya sangat tidak ramah terhadap bakteri.

Ilustrasi madu. (Foto: Racool Studio/Freepik)

Kualitas tersebut sebagian besar disebabkan cara lebah mengumpulkan nektar. Meskipun nektar biasanya mengandung banyak air, lebah mengeringkannya dengan mengepakkan sayapnya.

Saat lebah memuntahkan nektar menjadi sisir, enzim perutnya memecah nektar menjadi asam glukonat dan hidrogen peroksida.

Baca juga: Yuk Rutin Minum Air Madu, 5 Manfaat Kesehatan Ini Akan Didapat 

Meskipun madu tahan basi, ternyata tidak semuanya sama. Madu mentah memiliki peluang terbaik untuk tetap segar, tetapi madu olahan yang ada tambahan gula buatan dan bahan lainnya mungkin terdegradasi lebih cepat.

Selama disimpan dalam wadah tertutup, mungkin madu akan dikonsumsi dengan rasa yang baik.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini