Mengenal Jenis Plastik PET, Wajib Tahu Juga Kegunaannya

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 612 2379580 mengenal-jenis-plastik-pet-wajib-tahu-juga-kegunaannya-lihnImG1o5.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ANDA tentu pernah mendenger jenis plastik PET. Umumnya digunakan sebagai bahan dasar galon, botol kemasan minuman, serta produk bahan makanan lainnya.

Perlu diketahui, jenis plastik umumnya dicantumkan di bagian bawah kemasan berupa logo segitiga berpanah dengan kode 1 hingga 7. Selain itu, tertera pula kode huruf yaitu PET atau PETE, HDPE, PVC atau V, LDPE, PP, PS, dan OTHER.

Berpedoman pada Resin Identification Code (RIC) yang diterbitkan oleh The Society of Plastic Industry (SPI) pada 1988 di Amerika Serikat, jenis plastik yang paling mudah didaur ulang adalah Polyethylene Terephthalate (PET), dengan kode angka 1.

Ahli Teknologi Polimer dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Mochamad Chalid mengatakan, plastik PET banyak digunakan sebagai bahan baku produk plastik, seperti kemasan botol dan galon air minum.

"Hal ini dikarenakan hasil daur ulang limbah plastik PET bisa dijadikan produk turunan yang baru, beragam dan bisa dimanfaatkan kembali," ujarnya lewat keterangan tertulis.

Meski demikian, penggunaan plastik PET harus bebas Bisphenol A (BPA). Selain itu, higienitas bahan PET juga harus terjamin, baik panas atau dingin.

 Pet

Plastik PET, kata Chalid, juga memiliki nilai ekonomi yang relatif tinggi. Karena kestabilan sifat-sifatnya, seperti berwarna jernih, ringan, serta mudah dibentuk, dan tidak mudah pecah.

"Itulah mengapa jenis plastik ini banyak dibutuhkan di industri daur ulang dan menjadi solusi yang efektif dalam menangani masalah tumpukan limbah plastik di Indonesia," ujarnya.

Ketua Umum ADUPI, Christine Halim mengungkapkan, industri daur ulang memerlukan sampah plastik PET dalam jumlah besar. Dalam catatan ADUPI, setiap tahunnya permintaan PET meningkat rata-rata 7 persen.

"Namun dalam pengelolaan sampah ini membutuhkan komitmen banyak pihak," bebernya.

Sejauh ini, menurut pandangan Sustainability Director PT Tirta Fresindo Jaya (Le Minerale) Ronald Atmadja, semua orang harus bersinergi dalam pengelolaan plastik. Jika semula hanya dipandang sebelah mata, kini menjadi pendatang rezeki dan berkah bagi masyarakat.

"Hal ini dikarenakan pengelolaan proses daur ulang plastik PET dapat 100% didaur ulang menjadi barang baru dengan nilai tambah yang cukup tinggi,” tutup Ronald.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini