Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Harus Meninggalkan Makanan Favorit

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 612 2379823 tips-menurunkan-berat-badan-tanpa-harus-meninggalkan-makanan-favorit-XD6m45xPFI.jpg Mencoba menurunkan berat badan (Foto: 123 RF)

Menurunkan berat badan adalah tugas yang cukup sulit. Tidak hanya menuntut dedikasi kita yang maksimal, tetapi juga memaksa kita untuk menyerah pada hal-hal yang kita cintai.

Menurunkan berat badan juga sering membuat kita terpaksa meninggalkan makanan favorit. Namun Anda jangan khawatir, ada cara untuk tak meninggalkan makanan kesukaan Anda.

Melansir Times of India, berikut 5 cara menurunkan berat badan tanpa meninggalkan makanan favorit Anda.

 makan secara terkontrol

1. Manjakan diri Anda dengan kontrol porsi makanan favorit

Tidak ada alasan bagi Anda untuk melepaskan makanan favorit jika Anda terus memeriksa jumlah makanan yang Anda makan. Dengarkan perut Anda daripada menyerah pada hati Anda. Jangan memanjakan diri dengan makan berlebihan, tetapi berhati-hatilah dan lakukan kontrol porsi.

Mungkin memilih piring saji yang lebih kecil atau minum segelas air sebelum makan. Ini akan membantu Anda memperhatikan jumlah makanan yang Anda makan dan juga mengontrol rasa kenyang Anda.

2. Berjalan kaki setiap hari

Menghitung langkah harian memainkan peran penting dalam mengekang penambahan berat badan Anda. Dari menjaga Anda tetap bugar dan sehat hingga membakar kalori ekstra di tubuh Anda, berjalan kaki benar-benar dapat mempercepat tujuan penurunan berat badan Anda.

Karena itu, berjalan kaki setiap hari dapat memotivasi Anda untuk mencapai tujuan penurunan berat badan maksimum dan ada banyak cara untuk melakukannya. Misalnya, seperti menggunakan smart watch untuk menghitung langkah Anda.

3. Ganti rutinitas olahraga yang terlewat

Nah, jika Anda ingin menurunkan berat badan dan juga terus mengonsumsi makanan favorit, maka tidak mungkin Anda melewatkan latihan harian Anda. Lakukan beberapa repetisi leg lift, peregangan. Anda juga dapat memanjakan diri dengan squat sederhana sambil menyelesaikan tugas sehari-hari.

4. Perhatikan makanan, tetapi jangan stres

Selain apa yang Anda makan, memperhatikan seberapa banyak Anda makan juga merupakan cara yang bagus untuk memulai proses penurunan berat badan Anda. Terkadang, melatih kesadaran adalah semua yang Anda butuhkan.

Namun, jika kesadaran Anda membuat Anda stres, Anda berada di jalur yang salah. Selain penuh perhatian, Anda juga harus memiliki perasaan tenang. Stres hanya akan meningkatkan tingkat kortisol Anda, yang hanya mengaktifkan kemampuan tubuh Anda untuk memproduksi lemak.

5. Beralih ke ngemil sehat

Cemilan sehat seperti buah-buahan kering, beri, dan cokelat hitam benar-benar dapat melengkapi tujuan penurunan berat badan Anda. Selain membuat Anda kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama, makanan ini juga dapat mengurangi kalori ekstra.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini