Lihat Makanan Lezat Tanpa Disadari Bikin Mengiler, Ini Penjelasannya

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 19 Maret 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 612 2380228 lihat-makanan-lezat-tanpa-disadari-bikin-mengiler-ini-penjelasannya-XLGkizZvqk.jpg Ilustrasi makanan lezat bikin ngiler. (Foto: Freepik)

KETIKA melihat makanan lezat yang disajikan di atas meja, terkadang tanpa disadari mengiler atau mulut dipenuhi air liur encer. Pernahkah terpikirkan kenapa hal itu bisa terjadi?

Seperti dikutip dari laman Mentalfloss, Jumat (19/3/2021), ahli kimia Hadi Fares menjelaskan air liur memiliki sejumlah fungsi, tetapi yang paling relevan adalah membantu ketika makan.

Baca juga: Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Tengah Pandemi, Konsumsi 5 Makanan Ini 

Air liur melumasi makanan yang dimakan, membantu mengolahnya di dalam mulut untuk dikunyah dan dicicipi. Ini juga mengandung enzim yang memulai proses pencernaan, bahkan sebelum makanan ditelan.

Makanan. (Foto: Wirestock/Freepik)

Ungkapan yang menggiurkan sebenarnya cukup akurat. Ada dua jenis air liur yakni lendir dan serosa. Air liur lendir persis seperti namanya yakni kental, lengket, dan penuh lendir.

Baca juga: Anak Kekurangan Berat Badan, Beri 5 Makanan Ini untuk Bantu Pertumbuhannya 

Sedangkan air liur serosa hampir semuanya air, dan itulah yang membanjiri mulut saat mencium, melihat, atau memikirkan makanan yang sangat lezat.

Sementara mengiler atau menimbulkan air liur adalah cara tubuh untuk mengungkapkan rasa gembira tentang makanan yang dilihat. Perasaan senang itu diantarkan ke otak hingga tanpa sadar memompa ludah ke mulut.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini