7 Manfaat Besar Konsumsi Bawang Putih, Salah Satunya Sehatkan Tulang

Nuralfiyyah Farhana, Jurnalis · Jum'at 19 Maret 2021 09:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 481 2380367 7-manfaat-besar-konsumsi-bawang-putih-salah-satunya-sehatkan-tulang-ETIu6HHwdo.jpg Bawang putih. (Foto: Congerdesign/Pixabay)

BAWANG putih merupakan tanaman dalam keluarga Allium (bawang merah). Seringkali bawang putih dijadikan bumbu utama dalam masakan. Ternyata bawang putih tidak hanya membuat makanan menjadi enak lho. Bawang putih juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Seperti dilansir laman Healthline, Jumat (19/3/2021), berikut ini kandungan yang ada pada bawang putih dan bermanfaat besar untuk kesehatan tubuh manusia.

Baca juga: Supaya Bawang Putih Tetap Segar, Ikuti 5 Cara Jitu Ini 

1. Mengandung senyawa belerang

Menurut penelitian, senyawa belerang pada bawang putih. Ini dapat memberikan efek bilogis yang kuat. Kandungan yang ada pada bawang putih juga terdapat diallyl disulfide dan s-allyl cysteine.

Bawang putih. (Foto: Stevepb/Pixabay)

2. Bergizi tinggi dan rendah kalori

Satu siung bawang putih mentah, berdasarkan penelitian, kaya vitamin C, vitamin B6, dan mangan. Lalu mengandung sejumlah kecil nutrisi lainnya.

3. Mengobati flu

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bawang putih dapat mengurangi sakit flu hingga 63 persen lebih baik dibandingkan plasebo.

Baca juga: Studi: Bawang Putih dan Jahe Bisa Mengurangi Risiko Kanker 

4. Menurunkan tekanan darah

Diketahui bahwa penyakit jantung dan stroke merupakan pembunuh terbesar di dunia. Tekanan darah atau hipetensi juga merupakan pemicu penyakit jantung dan stroke. Dalam sebuah penelitian, 600–1.500 mg ekstrak bawang putih yang sudah tua sama efektifnya dengan obat Atenolol dalam menurunkan tekanan darah selama periode 24 minggu.

5. Meningkatkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Bawang putih dapat membuat kolesterol LDL (buruk) menurun.

Baca juga: Teh Bawang Putih, Minuman Sehat untuk Kontrol Gula Darah 

6. Detoksifikasi tubuh

Dengan mengonsumsi bawang putih dalam dosis tinggi telah terbukti dapat melindungi dari kerusakan organ akibat toksisitas logam berat. Pada sebuah studi, bawang putih dapat mengurangi kadar timbam dalam darah sebesar 19 persen. Dengan ini dapat mengurangi sakit kepala dan tekanan darah pada penderita toksisitas.

7. Meningkatkan kesehatan tulang

Bawang putih memiliki manfaat untuk kesehatan tulang dengan meningkatkan kadar estrogen pada wanita. Mengonsumsi bawang putih dan bawang merah juga memiliki efek menguntungkan pada osteoartritis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini