Cegah Stres, 9 Makanan Ini Wajib Dihindari

Nurdian Iqbaludin, Jurnalis · Jum'at 19 Maret 2021 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 481 2380509 cegah-stres-9-makanan-ini-wajib-dihindari-WQhxGqNbHq.jpg Ilustrasi gejala stres. (Foto: Jcomp/Freepik)

KETIKA mulai merasa stres, banyak orang beralih ke makanan tertentu. Pasalnya, mengonsumsi makanan dinilai bisa membantu menenangkan diri. Tapi perlu diingat bahwa tidak semua makanan favorit bisa mengatasi stres, bahkan ada yang membuatnya tambah parah.

"Saat stres, kita sering memilih makanan yang sesuai dengan keinginan. Namun, makanan ini biasanya mengandung bahan yang memperburuk tingkat stres," ungkap dr Uma Naidoo, psikiater nutrisi dari Universitas Harvard, Amerika Serikat, seperti dikutip dari laman Indianexpress, Jumat (19/3/2021).

Baca juga: 3 Teknik Relaksasi Mengatasi Stres saat Pandemi Covid-19 

Ia mengatakan, semua makanan itu mungkin memuaskan selera, tetapi harus diproses dengan benar. Sebab jika tidak, bisa menyebabkan gas, keasaman, dan peradangan penyabab stres.

"Bahkan, peradangan adalah penyebab nomor 1 dari penyakit mental, jadi sangat penting untuk meminimalkannya," jelas dr Naidoo.

Lalu apa saja makanan yang mesti dihindari untuk mencegah stres? Berikut sembilan di antaranya, sebagaimana dipaparkan laman Indianexpress.

Kopi kafein. (Foto: Rawpixel/Freepik)

1. Kafein

Mengonsumsi lebih dari dua cangkir kafein dapat menyebabkan peradangan. Ini juga bisa menyebabkan peningkatan tingkat stres dan membuat merasa cemas dengan mendatangkan bahaya pada kelenjar adrenal.

2. Daging olahan

Seperti namanya, daging olahan penuh pengawet seperti nitrat dan sulfit. "Makanan ini mengganggu kesehatan usus dan dikaitkan dengan perubahan suasana hati," ucap dr Naidoo.

3. Karbohidrat olahan

Jika Anda mencoba menurunkan berat badan ekstra, ini pasti bukan makanan terbaik untuk dikonsumsi. Tidak boleh juga ada dalam daftar makananan karena meningkatkan kadar gula darah serta menyebabkan peradangan di perut. Ini merupakan akibat pencernaan yang lambat. Ini terjadi karena karbohidrat yang diproses dihilangkan seratnya.

Baca juga: Waspada Stres Akibat Pandemi Covid-19, Kenali Gejalanya 

4. Sarapan sereal

Dokter Naidoo mengatakan, "Sarapan sereal hampir selalu penuh dengan gula dan karbohidrat olahan dan akan meningkatkan gula darah Anda."

5. Gula

Ini adalah larangan besar dan Anda harus waspada dalam mengonsumsi gula karena seringkali tersembunyi dalam makanan sehari-hari. Gula membuat usus tidak seimbang dengan membunuh bakteri baik. Untuk menjaga kesehatan usus, jangan terlalu banyak memasukkan asupan ini ke makanan karena kesehatan mental secara signifikan terkait kesehatan usus.

6. Minyak sayur olahan

Minyak sayuran olahan mengandung jenis buruk yang bersifat peradangan di alam dan dapat mempengaruhi lambung.

7. Alkohol

Dokter Naidoo menjelaskan, "Alkohol dikenal mengganggu lapisan usus dan dikaitkan dengan depresi, bahkan pada minuman beralkohol tanpa gula sekalipun."

Baca juga: Bibir Kering dan Pecah-Pecah Jangan Bikin Stres, Obati Pakai 3 Cara Ini 

8. Pemanis buatan

Setelah mengonsumsi pemanis buatan, itu hanya mengganggu mikrobiome usus. Jadi jangan terlalu banyak mengonsumsi pemanis buatan.

9. Minuman bersoda

Dokter Maidoo menerangkan, "Selain gula, soda mengandung asam fosfat yang terkait dengan penyerapan magnesium, nutrisi penting untuk kesehatan mental."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini