5 Cara Ampuh Menjaga Tubuh agar Tidak Mudah Dehidrasi

Nurdian Iqbaludin, Jurnalis · Jum'at 19 Maret 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 481 2380516 5-cara-ampuh-menjaga-tubuh-agar-tidak-mudah-dehidrasi-xAIZY2YPIp.jpg Ilustrasi cegah dehidrasi. (Foto: Freepik)

TUBUH manusia terdiri dari sekira 60 persen air. Cairan ini sangat penting untuk menjalankan fungsi organ-organ tubuh dan mencegah dehidrasi.

Sementara tubuh bisa kehilangan cairan melalui keringat berlebih, muntah, diare, atau tidak minum air putih yang cukup. Ini dapat menyebabkan kelelahan, pusing, sakit kepala, kejang, kenaikan detak jantung dan suhu tubuh, jatuhnya tekanan darah, merusak ginjal, fungsi otak, hingga yang paling parah menyebabkan kematian.

Baca juga: 7 Penyebab Mata Panda, Bisa karena Dehidrasi Lho 

Lalu bagaimana menjaga tubuh agar tidak kehilangan banyak cairan dan tidak mudah dehidrasi? Berikut caranya, seperti dinukil dari laman news18, Jumat (19/3/2021).

1. Air putih

Rata-rata orang dewasa harus minum 2 sampai 3 liter air setiap hari untuk tetap terhidrasi. Jumlahnya akan meningkat dalam suhu yang lebih panas dan selama periode aktivitas fisik yang intens.

Air mengandung beberapa mineral penting seperti zat besi, magnesium, natrium, kalsium, dan kalium yang diperlukan untuk pertumbuhan serta fungsi metabolisme tubuh. Orang yang bekerja di luar ruangan harus selalu membawa botol air minum.

Ilustrasi minum air.

2. Air kelapa

Buah lelapa yang tidak sepenuhnya matang diisi air di dalamnya. Ini memiliki rasa manis dan asin ringan. Selain elektrolit, air kelapa kaya kalium dan mengandung natrium, kalsium, karbohidrat, serat, dan gula.

Air kelapa memiliki sifat anti-penuaan dan antimikroba. Berkat kandungan kaliumnya yang tinggi, mereka yang menderita gangguan fungsi ginjal harus mencari saran medis sebelum minum air kelapa.

Baca juga: Tidak Selalu Baik, Minum Air Putih Kebanyakan Bisa Sebabkan Keracunan Lho 

3. Teh dan kopi

Teh dan kopi adalah minuman yang ideal untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Teh juga kaya antioksidan dan dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular (CVD), tekanan darah tinggi, diabetes, serta kanker.

Kopi mengandung kafein yang merupakan diuretik dan dapat mendorong orang untuk mengonsumsi lebih banyak air. Tapi terlalu banyak kopi mungkin berbahaya.

4. Sayuran dan buah-buahan

Buah-buahan seperti semangka, jeruk, nanas, anggur, stroberi dan sayuran seperti mentimun, tomat, selada, serta bayam memiliki kandungan air yang tinggi. Selain itu, semua itu kaya nutrisi dan vitamin penting. Dapat juga membuat smoothie dengan buah-buahan dan sayuran lalu menambahkan susu atau yoghurt ke dalamnya.

Baca juga: Cegah Dehidrasi, Ini 4 Trik agar Rajin Minum Air Putih 

5. Minuman kesehatan

Minuman yang terutama terbuat dari malt, dengan tambahan protein dan vitamin dan biasanya memiliki rasa cokelat atau vanili, cukup populer di seluruh dunia. Minuman ini tersedia dalam bentuk bubuk dan dikonsumsi dengan mencampurkan ke air atau susu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini