Regulator Obat Eropa: Vaksin AstraZeneca Aman, Tidak Terkait Pembekuan Darah

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 19 Maret 2021 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 481 2380586 regulator-obat-eropa-vaksin-astrazeneca-aman-tidak-terkait-pembekuan-darah-OYr95SEvJ8.jpg Ilustrasi Vaksin AstraZeneca. (Foto: Kjpargeter/Freepik)

VAKSIN AstraZeneca beberapa waktu belakangan menjadi perhatian banyak pihak. Pasalnya, vaksin covid-19 asal Inggris tersebut diduga menimbulkan efek samping pembekuan darah. European Medicines Agency (EMA) atau Regulator Obat Eropa pun langsung melakukan investigasi.

EMA pada Kamis 18 Maret mengeluarkan hasil resmi investigasi. Mereka menyatakan vaksin covid-19 yang diproduksi Oxford-AstraZeneca tersebut aman dan efektif untuk digunakan.

Baca juga: Kontroversi Vaksin AstraZeneca, Manfaatnya Dinilai Lebih Besar Dibanding Efek Sampingnya 

Dalam jumpa pers, Direktur Eksekutif EMA Emer Cooke mengatakan pihaknya sudah sampai pada kesimpulan yang jelas terkait peninjauan kasus terjadinya dugaan pembekuan darah pada orang yang divaksinasi dengan menggunakan Vaksin AstraZeneca.

"Vaksin ini aman dan efektif dengan manfaat melindungi orang dari penyakit covid-19 yang terkait dengan risiko rawat inap di rumah sakit dan kematian," kata Emer Cooke, seperti dikutip dari laman NBC News, Jumat (19/3/2021).

Vaksin AstraZeneca. (Foto: Reuters)

Ia menambahkan, Vaksin AstraZeneca tidak terkait dengan peningkatan risiko pembekuan darah secara keseluruhan.

Selama invesitasi, komite melihat ada sejumlah gangguan kecil pembekuan darah yang jarang dan tidak biasa. Ini harus mendapat peninjauan lebih serius terkait pemicunya.

Baca juga: Penjelasan Lengkap Badan POM Terkait Penangguhan Vaksin Covid-19 AstraZeneca 

Emer menyebutkan, berdasarkan bukti yang tersedia, laporan klinis, uji klinis, dan analisis mendalam terhadap hasil laboratorium, EMA tidak bisa mengesampingkan secara pasti hubungan antara kasus ini dan vaksin.

Maka itu, mereka merekomendasikan untuk meningkatkan kesadaran akan kemungkinan risiko ini, memastikan bahwa risiko tersebut disertakan dalam informasi produk.

Menurut dia, selain lebih memerhatikan kemungkinan akan kondisi langka seperti kasus pembekuan darah, para tenaga kesehatan dan orang yang akan divaksinasi juga sebaiknya diberikan informasi. Ini akan membantu untuk melihat dan mengurangi kemungkinan efek samping.

Meski sudah menyebut Vaksin AstraZeneca aman dan efektif digunakan, Emer menginformasikan bahwa investigasi lebih lanjut akan digelar.

Baca juga: Ditunda, BPOM Beberkan Efek Samping Vaksin AstraZeneca 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini