4 Langkah Aman saat Mengantre Vaksinasi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 20 Maret 2021 04:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 481 2380886 4-langkah-aman-saat-mengantre-vaksinasi-covid-19-v6EWoOJDXw.jpg Ilustrasi vaksinasi covid-19. (Foto: Jcomp/Freepik)

PEMERINTAH Indonesia telah memulai program vaksinasi covid-19 secara massal. Ini wujud nyata menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity.

Saat ini vaksinasi covid-19 sedang menyasar masyarakat lanjut usia (lansia). Bagi lansia dengan KTP DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) bisa mendapatkan vaksin covid-19 di Sentra Vaksinasi Istora Senayan.

Baca juga: Duh, Antre di Dalam Ruangan Berisiko Tinggi Terpapar Covid-19 

Tentunya selama proses vaksinasi covid-19, masyarakat harus disiplin menjalankan protokol kesehatan dan menaati etika mengantre dengan baik dan benar. Cara ini sangat penting dilakukan untuk mencegah dari infeksi covid-19 ketika mengantre vaksinasi.

Merangkum dari unggahan akun Instagram Satgas Covid-19 Indonesia @satgascovid19.id, Sabtu (20/3/2021), berikut ini tips aman yang bisa diterapkan saat mengantre divaksin. Yuk disimak.

1. Meminimalisasi berbicara dengan orang lain.

Anda dapat meminimalisasi berbicara. Sementara jika ada suatu hal yang mengharuskan berbicara, cobalah untuk melakukannya dengan sangat pelan.

2. Menjaga kebersihan tangan

Bawa dan gunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan. Hand sanitizer akan sangat membantu jika tidak terdapat fasilitas cuci tangan.

Baca juga: Yuk Antar Orangtua Vaksinasi Covid-19, Begini Cara Mendaftarnya 

3. Gunakan pelindung wajah tambahan

Dengan pelindung ekstra, maka potensi tertular juga makin minim. Seperti dilansir laman Science Focus, risiko terinfeksi saat memakai pelindung wajah adalah 6 persen dan akan menjadi 16 persen jika tidak menggunakannya.

4. Tetap jaga jarak

Menjaga jarak minimal 2 meter dirasa cukup baik saat harus beraktivitas di luar rumah. Risiko terinfeksi virus corona menjadi lebih kecil ketika jaga jarak yang ditetapkan makin jauh.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini