Beautypedia, Tips Memperbaiki Rambut Kering dan Rusak

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 19 Maret 2021 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 611 2380515 beautypedia-tips-memperbaiki-rambut-kering-dan-rusak-hb3fYqvPSr.jpg Rambut kering dan rusak (Foto: Pixabay)

Rambut rusak karena lapisan luar rambut atau kutikula yang terbuka. Ini dapat membuat rambut bercabang serta kekurangan minyak alami yang biasa dihasilkan kulit kepala.

Jika rambut rusak, akibatnya menjadi kusam dan sulit diatur. Rambut kering dan rusak juga merupakan salah satu penyebab umum kebotakan.

Terlalu sering mencuci rambut, paparan sinar matahari berlebihan, penggunaan produk penata rambut, kontak dengan air berklorin dan merokok adalah beberapa alasan yang berkontribusi pada rambut kering dan rusak.

Oleh karena itu, melansir Pink Villa, berikut 5 tips yang bisa Anda lakukan di rumah untuk memperbaiki rambut kering dan rusak.

 pakai serum

1. Gunakan serum rambut

Serum Rambut melindungi rambut dari penataan panas, mengontrol rambut kusut, dan membuat rambut berkilau. Selalu oleskan serum pada rambut dan ujungnya. Gunakan pada kulit kepala yang bisa membuat rambut terlihat berminyak.

2. Gunakan minyak rambut

Gunakan minyak rambut seperti minyak zaitun, kelapa, almond, minyak jagung. Minyak rambut ini kaya akan vitamin E dan antioksidan yang mengembalikan kelembapan di lapisan luar rambut.

Panaskan setengah cangkir minyak dan pijatkan dengan lembut ke rambut Anda dan tutupi dengan handuk. Biarkan selama 30-40 menit dan bilas rambut Anda dengan sampo. Ini dapat membantu memperkuat rambut dan membuatnya terlihat berkilau.

3. Gunakan masker rambut

Masker Rambut adalah cara terbaik untuk mengondisikan rambut kering dan rusak. Ini memiliki konsentrasi bahan pelembab yang tinggi, seperti vitamin, minyak dan elemen lain yang diambil dari bahan alami.

 

4. Lembabkan rambut Anda

Rambut kering merupakan penyebab utama kerusakan rambut. Karena jika rambut tidak memiliki tingkat kelembapan yang optimal, maka akan menjadi rapuh. Karenanya, melembabkan rambut Anda dengan menggunakan sampo, kondisioner, masker, dan produk pelembab yang menghidrasi dapat menjadi jalan terbaik untuk memperbaiki kerusakan rambut.

5. Gunakan produk perawatan rambut yang berbahan lembut

Mencuci dan mengondisikan rambut dengan benar adalah aturan dasar dari setiap rutinitas perawatan rambut. Pilih produk perawatan rambut yang bebas sulfat, paraben, alkohol, pewarna dan pewangi buatan. Cuci rambut Anda secara teratur untuk menghilangkan semua jenis kotoran, sebum, dan sel kulit mati.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini