Makna Siraman yang Dilakukan Aurel Hermansyah Jelang Menikah

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 19 Maret 2021 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 612 2380577 makna-siraman-yang-dilakukan-aurel-hermansyah-jelang-menikah-Xo2EWhPV3e.jpg Aurel menjelang siraman (Foto: Inst)

Aurel Hermansyah melakukan prosesi siraman, menjelang menikah dengan kekasihnya Atta Halilintar.

Acara siraman itu akan digelar di Hotel Intercontinental, Pondok Indah, Jakarta Selatan dengan menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat. Di mana hanya akan dihadiri sekitar 20 orang saja.

Disebutkan, bahwa ada tujuh orang anggota keluarga terdekat dari Aurel, termasuk kedua orang tuanya, Anang Hermansyah dan Ashanty yang akan melakukan mandi siraman kepada Aurel

 Aurel siap menikah dengan Atta

Lantas apa makna siraman sebelum menikah?

Perlu diketahui siraman merupakan bagian dari rangkaian pernikahan. Biasanya dilakukan oleh calon pengantin Jawa dan Sunda.

Dalam acara siraman, terdapat berbagai simbolis sebagai tanda sakralnya acara tersebut. Di mana terdapat makna yang sangat dalam tentang kehidupan calon pengantin.

Selain itu, siraman dilakukan agar mengusir aura negatif pada calon mempelai pengantin di perempuan dan laki-lakinya.

Kemudian siraman dilakukan bertujuan, memohon kepada Tuhan yang Maha Esa agar kelak rumah tangga sang pengantin mendapatkan rahmat. Serta saat prosesi ini berlangsung, sambil dibacakan doa-doa yang nantinya akan mengalirkan aura positif terhadap air, juga pada orang yang disiram atau dimandikan itu.

Siraman dilakukan sehari sebelum menikah. Air yang digunakan untuk siraman merupakan campuran dari kembang setaman yang disebut Banyu Perwitosari, yang jika memungkinkan diambil dari tujuh mata air dan melambangkan kehidupan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini