Desainer Ancha, Sosok di Balik Cantik Paripurna Aurel Hermansyah saat Lamaran

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 20 Maret 2021 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 20 194 2381043 desainer-ancha-sosok-di-balik-cantik-paripurna-aurel-hermansyah-saat-lamaran-WZcexMGAlL.jpg Lamaran Aurel yang busananya cantik (Foto: Ist)

Rangkaian prosesi menuju pernikahan Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar sudah di fase kedua yaitu siraman yang dilangsungkan pada Jumat, 19 Maret 2021. Namun, momen lamaran yang terjadi pada 13 Maret masih menarik untuk dikulik, salah satunya soal orang di balik baju kurung modern yang dikenakan putri pertama Anang dan Krisdayanti tersebut.

Adalah Ancha, sang desainer di balik penampilan super anggun Aurel Hermansyah di prosesi lamaran yang disiarkan langsung di RCTI tersebut. Ancha sendiri sudah banyak menangani klien selebriti sebelum dengan Aurel Hermansyah.

 Aurel bersama Ancha

Saat MNC Portal Indonesia mendatangi galerinya di kawasan Cinere, Jawa Barat, tampak beberapa foto selebriti terpajang di dinding. Mulai dari pasangan Citra Kirana dan Rezky Aditya, Ali Syakieb dan Margin Wieheerm, pun Felicya Angelista dan Caesar Hito.

Menjadi sosok yang sekarang bukan datang dengan tanpa usaha. Memulai karier sebagai desainer kebaya modern sejak 2003, Ancha menjelaskan kalau sebelumnya dia adalah makeup artist profesional.

"Jadi, awalnya aku itu makeup artist. Tapi, lambat laun aku ngerasa terpanggil untuk belajar bagaimana cara membuat busana karena antara makeup dan fashion itu saling melengkapi," kata Ancha, belum lama ini.

Lulusan Lembaga Pengajaran Tata Busana Susan Budihardjo tersebut mengaku sejak awal merasa terpanggil untuk fokus ke kebaya dibandingkan busana fashion lainnya. Sampai akhirnya, Ancha menemukan jati diri di kebaya modern berkat karyanya yang banyak dilirik pasar.

Ya, sebagai seorang desainer di era itu Ancha kerap menghasilkan karya lalu mempublikasikannya ke majalah fashion. Berkat itu, dia jadi tahu mana pasarnya dan akhirnya terbentuklah secara alami karakter fashion tersebut.

"Zaman dulu, kalau mau ngiklan, ya, lewat majalah. Dari situ jadi tahu bahwa karya saya ada yang suka dan kebanyakan kebaya," ungkapnya.

Karakter lain yang dimiliki Ancha adalah warna kebaya yang cenderung lembut. "Aku entah kenapa suka sekali dengan warna pastel, makanya banyak koleksi kebaya modernku yang bernuansa lembut," ucapnya. Meski, permintaan klien pun dia terima, jadi enggak melulu harus pastel.

Saat ditanya mengenai berapa jumlah koleksi kebaya modern yang sudah dimiliki, Ancha mengatakan, "Kalau seribuan sih belum, tapi kalau ratusan saya rasa sudah."

Bukan hanya kebaya modern dari satu suku, melainkan Ancha pun bikin koleksi busana dari banyak wilayah di Indonesia. Karena itu, kliennya bisa datang dari mana saja.

Ancha 

Membuat karya busana sudah jadi bagian dari kehidupan Ancha sekarang. Meski begitu, jika klien minta untuk di-makeup-in dia, Ancha pun menjabaninya. Walau bagaimana pun, kedua bidang itu sudah mendarah daging dalam diri desainer yang menghebohkan publik berkat karya busana di prosesi lamaran Atta-Aurel tersebut.

Ancha sadar betul bahwa kebaya modern yang sudah menjadi DNA-nya itu sudah banyak disukai masyarakat, tapi dia tak akan berhenti sampai di situ. Karya baru akan tetap dia lahirkan sebagai bentuk dari kecintaannya pada dunia fashion.

"Kalau ditanya mau fashion show tunggal, siapa desainer yang enggak mau. Tapi, untuk sekarang belum karena kan masih pandemi, aku ngerasa kurang 'sreg' sama virtual show. Jadi, kalau ada kesempatan pascapandemi untuk show tunggal, aku pasti senang sekali," harapan Ancha.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini