7 Cara Sederhana Jaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Covid-19

Uthari Handayani, Jurnalis · Senin 22 Maret 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 21 481 2381603 7-cara-sederhana-jaga-kesehatan-mental-selama-pandemi-covid-19-xIeSzA6bAg.jpg Ilustrasi menjaga kesehatan mental di masa pandemi covid-19. (Foto: Freepik)

TIDAK bisa dimungkiri bahwa pandemi covid-19 cukup mengganggu kesehatan mental banyak orang. Ini timbul karena banyaknya korban jiwa, pembatasan aktivitas sosial, hingga munculnya varian baru virus corona.

Kondisi tersebut dinilai membuat publik cemas. Bahkan, bisa membawa masyarakat masuk ke keadaan yang mengkhawatirkan kesehatan, baik fisik maupun mental.

Baca juga: Perhatikan 5 Kelakuan Ini pada Anak, Jika Terjadi Berarti Mentalnya Terganggu 

Jika tidak memedulikan kesehatan mental dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius. Di antaranya adalah penyakit jantung, hipertensi, obesitas, rendahnya kekebalan tubuh, masalah pernapasan, bahkan kematian.

Maka itu, dibutuhkan pengalihan fokus dan menjadi perhatian khusus agar terhindar dari mental yang buruk.

Berikut ini tujuh cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental di masa pandemi covid-19, sebagaimana dijelaskan laman Healthsite.

Ilustrasi menjaga kesehatan mental di masa pandemi covid-19. (Foto: Prostooleh/Freepik)

1. Makan teratur

Supaya meraih kekebalan tubuh yang bagus, diperlukan asupan makanan yang teratur dan sehat. Makan dengan baik akan mencegah penyakit kesehatan mental serta mengurangi risiko infeksi. Seimbangkan selalu nutrisi dari satu porsi makanan dengan 4 sehat 5 sempurna.

2. Mendapatkan banyak sinar matahari

Sinar matahari pagi menghasilkan vitamin D yang penting untuk otak. Mendapatkan sinar yang cukup bisa membantu otak melepaskan endorphin dan serotonin, sehingga meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental secara keseluruhan.

Baca juga: Selama Pandemi Covid-19, 80% Anak Muda Alami Penurunan Mental 

3. Mengelola stres

Memang sulit mengelola stres, namun sekali bisa menghadapinya maka akan terbiasa ke depannya. Kemampuan ini bakal membuat seseorang merasa lebih energik, meningkatkan kualitas kerja, dan rendah risiko depresi.

4. Cukup tidur

Ketika tubuh kurang mendapat istirahat dengan tidur akan menimbulkan masalah depresi dan kecemasan. Sehingga, penting untuk mendapatkan tidur yang cukup untuk membuat bahan kimia di otak bekerja mengatur suasana hati dan emosi.

5. Jaga hubungan dengan orang lain

Menjalin dan menjaga hubungan penting untuk mendapatkan dukungan orang sekitar. Dengan adanya yang menyadari kehadiran kita, maka akan membuat diri merasa dihargai dan bisa saling membantu dalam segala keadaan hidup.

Baca juga: Setahun Pandemi Covid-19, Bersyukur atau Marah? 

6. Melakukan sesuatu yang digemari

Meluangkan waktu sebanyak mungkin untuk melakukan sesuatu yang disuka efektif memberikan rasa damai dan mengurangi risiko stres, kecemasan, serta depresi.

7. Teratur olahraga

Memulai kegiatan aktif adalah bagian penting untuk meningkatkan mental sekaligus fisik. Ini akan membantu menghilangkan perubahan suasana hati, kecemasan, stres, serta rasa malas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini