Ibunya Sudah Divaksin, Bayi yang Baru Lahir Ini Miliki Antibodi Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 22 Maret 2021 10:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 22 481 2381774 ibunya-sudah-divaksin-bayi-yang-baru-lahir-ini-miliki-antibodi-covid-19-HPqUjL3VGd.jpg Ilustrasi bayi baru lahir. (Foto: Freepik)

BAYI yang dilahirkan dari ibu penerima Vaksin Pfizer teridentifikasi memiliki antibodi covid-19 di dalam tubuhnya. Artinya, tubuh si bayi otomatis terlindungi dari serangan virus corona karena ibunya menerima vaksin covid-19 sebelum melahirkan.

Para peneliti di Hadassah Medical Center di Yerusalem mengambil sampel darah yang sama yang ditemukan dalam 40 bayi baru lahir yang dianalisis. Hasilnya menjelaskan bahwa peneliti menemukan adanya antibodi covid-19 di semua tubuh bayi tersebut.

Baca juga: Hasil Penelitian Sebut Vaksin AstraZeneca Efektif Cegah Covid-19 Varian Brasil 

Data lainnya, sebagaimana diterangkan kantor berita The Times of Israel, dijelaskan bahwa semua bayi yang diteliti berasal dari janin ibu yang sudah menerima dua dosis Vaksin Pfizer sekira seminggu sebelum melahirkan.

Ilustrasi vaksin covid-19. (Foto: Freepik)

"Dalam penelitian ini kami menemukan antibodi imuniglobulin G yang aktif melawan spike protein SARS CoV2 yang pada dasarnya memblokir masuknya virus ke sel," terang Profesor Dana Wolf, kepala departemen virologi Hadassah Medical Center, seperti dikutip dari Fox News, Senin (22/3/2021).

Baca juga: Tenang, Vaksin Covid-19 Tak Batalkan Puasa 

Temuan yang dipublikasi di situs pracetak medRxiv ini dianggap sebagai alasan untuk mengharuskan ibu yang akan melahirkan mendapatkan dua dosis lengkap vaksin covid-19.

Di sisi lain, sudah banyak penelitian vaksin covid-19 yang melibatkan ibu hamil dalam kelompok studinya. Lebih dari 10.000 ibu hamil telah menjalani uji coba sejak Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat mengeluarkan Emergency Use Authorization (EUA) untuk perusahaaan Pfizer dan Moderna.

Dokter Anthony Fauci, ahli penyakit menular terkemuda dari Amerika Serikat, pun mengatakan bahwa sampai saat ini tidak ada tanda-tanda bahaya melibatkan ibu hamil dalam uji coba vaksin covid-19.

Baca juga: 4 Langkah Aman saat Mengantre Vaksinasi Covid-19 

Terlepas dari itu, ada pertanyaan yang tetap muncul di benak masyarakat yaitu seberapa lama antibodi covid-19 ada di tubuh bayi dan bagaimana cara mempertahankannya? Lalu jenis perlindungan apa yang diberikan antibodi tersebut?

"Meski pertanyaan itu belum dapat dijawab, kami meyakini bahwa temuan ini adalah gerbang menuju masa depan yang lebih baik karena ibu yang menerima vaksin covid-19 secara otomatis dapat melindungi bayinya yang baru dia lahirkan. Itu kenapa penting bagi ibu hamil menerima vaksin covid-19," jelas Profesor Wolf.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini