Dinda Hauw Positif Covid-19, Bagaimana dengan Kehamilannya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 22 Maret 2021 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 22 481 2381969 dinda-hauw-positif-covid-19-bagaimana-dengan-kehamilannya-fjAJ4AcuM6.jpg Dinda Hauw dan Rey Mbayang. (Foto: Instagram @dindahw)

PASANGAN selebritas Rey Mbayang dan Dinda Hauw mengumumkan positif covid-19. Hal itu mereka umumkan melalui unggahan di akun Instagram-nya.

Mereka juga mengunggah hasil tes swab PCR yang terlihat baru dua hari lalu dilakukan. Berdasarkan hasil laboratorium, keduanya dinyatakan terinfeksi covid-19.

Baca juga: Rey Mbayang dan Dinda Hauw Umumkan Positif Covid-19 

"Aku, Dinda positif covid-19. Setelah ngelewatin beberapa kondisi di mana kita berdua tetap negatif walaupun beberapa kali 1 rombongan sama pasien positif, akhirnya tiba juga waktunya," tulis Rey Mbayang dalam unggahannya, seperti dikutip MNC Portal, Senin (22/3/2021).

"Allah itu baik banget yaa, ngasih kita rasa sakit biar kita paham betul bagaimana bersyukurnya saat sehat. Doakan kita ya," lanjut dia.

Dinda Hauw dan Rey Mbayang. (Foto: Instagram)

Sebagaimana diketahui, Dinda Hauw kini sedang mengandung calon anak pertamanya. Pada Desember 2020, Dinda Hauw mengumumkan kehamilannya. Jika dihitung hingga hari ini, usia kehamilan Dinda Hauw diperkirakan mencapai tiga bulan.

Lalu yang menjadi pertanyaan, apa yang terjadi jika seorang ibu hamil terinfeksi covid-19? Apakah bayinya mengalami perburukan kondisi kesehatan seperti ibunya?

Baca juga: Dinda Hauw Umumkan Kehamilan, Rey Mbayang: I love You Full 

Bicara mengenai ibu hamil dan risiko paparan virus corona, studi sampai saat ini meyakini bahwa proses infeksi terjadi pada bayi yang sudah lahir, bukan bayi di dalam kandungan. Proses penularan pun melalui droplet.

Sebagai informasi awal, gejala yang muncul pada pasien covid-19 ibu hamil tidak jauh berbeda dengan mereka yang tidak hamil. Gejalanya meliputi batuk, demam, sesak napas, pun pasien covid-19 ibu hamil tanpa gejala.

Lantas, apa yang terjadi pada jabang bayi di dalam kandungan ibu hamil positif covid-19?

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan Nina Martini Somad SpOG mengatakan kondisi bayi akan sangat terpengaruh dari gejala apa yang dirasakan si ibu hamil.

"Misalnya si ibu hamil gejalanya sesak napas, maka itu akan menyebabkan oksigen yang terhirup jadi berkurang dan ini berdampak langsung ke penurunan oksigen bayi di dalam kandungan," jelas dr Nina ketika dikonfirmasi MNC Portal beberapa waktu lalu.

Baca juga: Dinda Hauw Hamil Anak Pertama, Rey Mbayang Lebih sering Muntah dan Ngidam 

Lalu mengenai obat-obatan yang mesti dikonsumsi ibu hamil positif covid-19, dr Nina menuturkan tidak ada kekhasan dalam pemberian obat. Namun, dokter akan melihat kembali kondisi kesehatan apa yang dialami si ibu dan dari situ obat ditentukan.

"Kalau si ibu hamil positif covid-19 itu punya komorbid, maka diperlukan tindakan cepat terhadap dampak covid-19 terhadap penyakit komorbidnya. Jika terlambat ditangani, ini akan sangat memengaruhi kondisi bayi di dalam kandungannya," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini