Aneh, Wanita Ini Alami Pendarahan dari Mata ketika Menstruasi

Diana Rafikasari, Jurnalis · Selasa 23 Maret 2021 04:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 22 612 2382054 aneh-wanita-ini-alami-pendarahan-dari-mata-ketika-menstruasi-RW6B87xg4C.jpg Ilustrasi menstruasi. (Foto: Katemangostar/Freepik)

FENOMENA aneh dialami seorang wanita berusia 25 tahun asal Chandigarh, India. Ia mengalami pendarahan dari mata ketika menstruasi. Kejadian ini berlangsung beberapa bulan lalu, tapi baru terungkap ke publik setelah diterbitkan dalam British Medical Journal.

Sebagaimana dikutip dari laman Boldsky, Selasa (23/3/2021), kondisi langka tersebut menyebabkan keluarnya darah dari mata wanita itu selama masa menstruasi. Dia telah memberi tahu para dokter di rumah sakit bahwa pernah mengalami keputihan yang sama sebulan sebelum menstruasi.

Baca juga: Manfaat Jambu Biji, Atasi Kram Perut Menstruasi hingga Sehatkan Jantung 

Wanita itu menyatakan tidak mengalami ketidaknyamanan karena darah tersebut. Para dokter, karena bingung, lalu menyarankannya menjalani berbagai tes oftalmologi dan radiologi, dan semua hasil tesnya normal.

Tidak ada bercak pendarahan lain di tubuh wanita tersebut. Dia juga tidak memiliki riwayat pendarahan mata atau masalah lama dengan penglihatannya.

Ilustrasi menstruasi. (Foto: Katemangostar/Freepik)

Setelah diselidiki lebih lanjut oleh sekelompok dokter di rumah sakit di Chandigarh, terungkap bahwa wanita tersebut mengalami pelepasan darah dari matanya saat sedang menstruasi. Dokter menyebut wanita ini menderita kondisi medis langka yang disebut ocular vicarious menstruation.

Baca juga: Segera Minum Ini jika Kram Perut saat Menstruasi 

Studi mendefinisikan ocular vicarious menstruation sebagai pendarahan siklis di organ ekstragenital selama siklus menstruasi normal. Dalam kebanyakan kasus, pendarahan terjadi dari hidung, tetapi dalam beberapa kasus, perdarahan dapat terjadi dari bibir, mata, paru-paru, dan perut. Air mata merah, atau air mata berdarah, secara klinis disebut haemolacria, adalah entitas klinis yang langka.

Menurut sebuah makalah yang diterbitkan dalam British Medical Journal, ocular vicarious menstruation disebabkan berbagai kondisi okuler dan sistemik, yaitu kondisi atau trauma (cedera) yang berhubungan dengan mata. Penyakit sistemik mempengaruhi beberapa organ dan jaringan atau mempengaruhi tubuh secara keseluruhan, seperti diabetes.

Sebagaimana ditunjukkan dalam makalah tersebut, perubahan hormonal selama menstruasi memengaruhi permeabilitas vaskular di organ-organ mata dan mengakibatkan pendarahan. Tapi, dokter masih berusaha menemukan alasan anatomis yang tepat untuk keluarnya darah.

Baca juga: Sejak Dulu Aprilia Manganang Tidak Pernah Menstruasi, Ini Penjelasan Dokter 

Beberapa ahli menambahkan bahwa endometriosis atau keberadaan jaringan endometrium di organ ekstragenital dapat menjadi faktor penyebab terjadinya ocular vicarious menstruation. Estrogen dan progesteron dapat meningkatkan permeabilitas kapiler yang mengakibatkan hiperemia, kongesti dan perdarahan sekunder dari jaringan ekstrauterin.

Wanita tersebut kemudian diresepkan kontrasepsi oral yang mengandung kombinasi estrogen dan progesteron. Setelah tiga bulan tindak lanjut, wanita itu tidak mengalami darah keluar dari matanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini