Ahli Gizi Sebut Selama Pandemi Berat Badan Masyarakat Cenderung Naik

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 23 Maret 2021 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 481 2382591 ahli-gizi-sebut-selama-pandemi-berat-badan-masyarakat-cenderung-naik-0MnaDlsfdI.jpg Ilustrasi menimbang berat badan naik. (Foto: Jcomp/Freepik)

PANDEMI covid-19 di Tanah Air tidak hanya menyebabkan krisis kesehatan, namun juga mengubah pola hidup. Salah satu kebiasaan yang berubah selama pandemi adalah pola makan.

Sebagaimana diketahui, selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), aktivitas membeli makanan secara daring menjadi kebiasaan baru sebagian besar masyarakat. Hal inilah yang menjadi penyebab utama berat badan masyarakat cenderung naik.

Baca juga: Penderita Diabetes Tipe 2 Waspada Berat Badan Naik, Kenali Penyebabnya 

Dokter spesialisasi gizi klinik Diana F Suganda M.Kes Sp.GK mengatakan banyak masyarakat yang membeli makanan enak secara online, terlebih lagi ada berbagai penawaran dan promo. Kebiasaan ini dilakukan sehari, dua hari, dan berlanjut hingga setahun.

"Dari sekian banyak yang kita asup, berapa banyak yang kita keluarkan? Yang awalnya rajin olahraga, karena pandemi tidak bisa keluar, akhirnya malas olahraga," terang dr Diana dalam acara virtual Ngobrol Asik (Ngobras) dengan awak media, Senin 22 Maret 2021.

Ilustrasi makan. (Foto: Wayhomestudio/Freepik)

Menurut dia, makanan yang diasup masyarakat selama masa pandemi covid-19 kebanyakan tidak sebanding dengan apa yang dikeluarkan. Intinya tidak sesuai dengan prinsip gizi seimbang. Tidak heran jika saat ini banyak pasien yang datang dengan keluhan berat badan naik selama pandemi.

Berdasarkan Riskesdas 2018, angka penyakit infeksi sudah berkurang jauh. Namun penyakit tidak menular (PTM) seperti diabetes, hipertensi, kolesterol, penyakit jantung, penyakit ginjal, dan stroke justru meningkat.

Baca juga: Ketahui Deretan Khasiat Cuka Apel, Bisa Turunkan Berat Badan Lho 

"Selama pandemi, risiko PTM makin naik lagi. Coba kita lihat nanti Riskesdas 2021, pasti PTM naik signifikan. Setahun pandemi ini sangat berpengaruh, dan bisa jadi pandemi tidak hanya setahun, tapi bertahun-tahun. Hal yang sama pun berlaku pada anak-anak," lanjutnya.

Dulu setiap pagi anak-anak berangkat ke sekolah, lalu ketika isirahat bermain bersama teman-teman. Pulang sekolah ada ekstrakurikuler. Namun sekarang, sekolah dari rumah, main dari rumah, ekskul pun terbatas. Alhasil saat ini banyak orangtua yang mengeluhkan anaknya menjadi makin gemuk.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini