6 Cara Supaya Anak Bisa Cepat Jalan, Salah Satunya Biarkan Tanpa Alas Kaki

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Rabu 24 Maret 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 481 2382749 6-cara-supaya-anak-bisa-cepat-jalan-salah-satunya-biarkan-tanpa-alas-kaki-xIGsEsgvC0.jpg Ilustrasi anak berjalan. (Foto: Pch Vector/Freepik)

ORANGTUA pasti akan senang ketika melihat anaknya bisa cepat jalan. Ini akan jadi momen tidak terlupakan bagi mereka. Pasalnya, tumbuh kembang anak menjadi hal-hal yang sangat dinantikan.

Setiap anak mulai berjalan pada waktu berbeda. Tetapi, sedikit bimbingan dari orangtua bisa membuat mereka lebih cepat jalan.

Seperti dilansir laman Times of India, Rabu (24/3/2021), berikut ini enam cara yang bisa membantu anak cepat berjalan.

Baca juga: Ayah-Bunda, Ini 5 Tanda Anak Menderita Masalah Kesehatan Mental 

1. Mulailah sejak dini

Latihan membuat semuanya sempurna. Jika Anda ingin mempersiapkan anak untuk mengambil langkah pertama, mintalah dia mencoba berdiri tegak dan mengambil langkah-langkah kecil saat masih berusia sekira 7 bulan. Ini membantu membangun memori otot dan melatih anak untuk berdiri tanpa bantuan. Perlahan, mereka akan dapat melakukan langkah pertama.

Ilustrasi anak berjalan. (Foto: Senivpetro/Freepik)

2. Biarkan tanpa alas kaki

Anda mungkin khawatir kaki anak menjadi kotor, tetapi banyak dokter anak merekomendasikan agar anak tidak bertelanjang kaki di tahun-tahun awal mereka. Menurut para ahli, tanpa alas kaki membantu si kecil merasakan permukaan, mengembangkan postur tertentu yang mungkin tidak terjadi dengan sepatu. Ini akan membantu mereka berdiri dengan sedikit bantuan dan akhirnya berjalan.

Baca juga: Supaya Anak Tumbuh Sehat, Terapkan Aturan Makan dan Tidur Ini 

3. Beri makanan atau mainan agar tetap berjalan

Anak merespons dengan sangat baik terhadap alat bantu visual dan sebagainya. Dengan mainan atau makanan ringan favorit mereka pada jarak yang agak jauh, terkadang bisa menjadi motivasi untuk berjalan dan mengambil barang. Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa ketukan sederhana juga dapat mengasah kemampuan motorik bayi dan mengambil langkah pertama.

4. Tunjukkan cara bergerak

Sebuah contoh kecil tidak pernah gagal. Meskipun anak tidak dapat melangkah atau berjalan dengan cepat, bakal sangat membantu jika menunjukkan kepada cara berdiri tegak atau melangkah ke depan. Memegang lengan dan tangan mereka saat mencoba dan berjalan dapat memotivasinya.

Baca juga: Anak Kekurangan Berat Badan, Beri 5 Makanan Ini untuk Bantu Pertumbuhannya 

5. Perkuat anggota tubuh dan otot

Langkah pertama untuk benar-benar mengambil langkah pertama adalah dengan memperkuat anggota tubuh dan otot anak. Ini akan membantunya membangun keseimbangan yang kuat yang dibutuhkan untuk berjalan. Saat anak masih terlalu kecil untuk mengikuti latihan, coba pegang mereka dari belakang, atau buat duduk di atas bola latihan kecil, latih mereka untuk menopang atau menggunakan punggung sendiri, dan yang terpenting tetap tegak. Pijat anak juga dapat membantu menyehatkan otot dan membangun tubuh yang kuat.

6. Apa yang tidak boleh dilakukan

Ingat, anak pada akhirnya akan berjalan pertama kali saat dia bisa, dan jangan memaksanya. Mempelajari hal baru juga bisa melelahkan. Pastikan Anda memberinya waktu dan istirahat. Jangan mencari bantuan dari terlalu banyak mainan dan pastikan ada banyak ruang untuk anak bergerak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini