Share

Malas Sikat Gigi, Bau Mulut Jadi Masalah Tersendiri Selama Pandemi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 23 Maret 2021 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 481 2382771 malas-sikat-gigi-bau-mulut-jadi-masalah-tersendiri-selama-pandemi-rgZit6RhhV.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Selama masa pandemi Covid-19 diimbau untuk menjaga kesehatannya dengan baik dan benar. Salah satu penyakit yang paling sering diderita masyarakat selama masa pandemi Covid-19 adalah masalah gigi dan mulut.

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Selasa (23/3/2021), selama masa pandemi Covid-19 ditemukan peningkatan kebiasaan buruk dalam merawat kesehatan gigi dan mulut.

“Dua dari lima orang dewasa mengaku tidak menyikat gigi seharian. Dan tujuh dari 10 orang menghindari pergi ke dokter gigi,” tulis unggahan Instagram tersebut.

Masalah Mulut

Data tersebut diperoleh berdasarkan survei Unilever Indonesia Foundation terkait pandemi Covid-19 dan perubahan rutinitas sehari-hari masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Terdapat sekiranya lima masalah gigi dan mulut yang paling sering dialami selama pandemi Covid-19. Beberapa diantaranya adalah:

1. Mulut kering.

2. Bau mulut.

3. Gusi dan gigi berdarah saat menyikat gigi, atau saat menggunakan benang gigi.

4. Nyeri pada gigi, gusi, atau mulut.

5. Adanya lubang pada gigi yang baru terbentuk.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini