Masyarakat Tak Perlu Khawatir saat Testing Covid-19

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 23 Maret 2021 17:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 481 2382819 masyarakat-tak-perlu-khawatir-saat-testing-covid-19-CjDclT0iCq.jpg Pandemi Covid-19 (Foto: Chilliwack Progress)

Pandemi Covid-19 yang masih melanda Tanah Air hingga kini belum ada tanda-tanda makin mereda. Oleh karena itu diperlukan semakin masifnya testing Covid-19.

Namun agar testing Covid-19 berjalan lancar, diperlukan berbagai alat dan fasilitas yang menunjang. Makanya peran laboratorium biomolekuler sangat penting dalam upaya menghadapi pandemi Covid-19.

 testing Covid-19

Ketua Satgas Internal Covid-19 sekaligus Kepala Laboratorium Biomolekuler Rumah Sakit Royal Progress, Dr. dr. Latre Buntaran , SpMK(K) menjelaskan, saat ini penting sekali peran laboratorium biomolekular untuk memeriksa hasil swab masyarakat yang terindikasi Covid-19.

Untuk pengambilan dan pemeriksaan test swab dengan metode RT-PCR secara massal di dukung oleh teknologi dari Jerman dengan mesin dan reagen berlabel CE dan IVD.

"Kami memastikan sampel-sampel yang dikerjakan di laboratorium biomolekular memiliki kualitas terbaik dengan sensitivitas dan spesifitas yang tetap terjaga,” terang dr. Latre belum lama ini.

Masyarakat, ujar dia, juga tak usah khawatir dalam melakukan testing Covid-19 jika terindikasi Covid-19. Sebab analisis di laboratorium biomolekular dilakukan melalui seleksi yang ketat, pelatihan dan uji kompetensi, serta diberi sertifikat.

Sementara itu, Dirut PT Diagnos Laboratorium Utama Tbk. Ir. Mesha Rizal Sini, M. Eng menjelaskan, saat ini keberadaan laboratorium PCR memang dibutuhkan agar dapat meningkatkan kapasitas testing Covid-19. Apalagi masih banyak warga kena Covid-19.

"Warga, baik di Denpasar, Bali dan sekitarnya dapat terlayani dalam pemeriksaan testing Covid-19 di laboratorium," ujarnya.

Laboratorium PCR, menurutnya, sangat penting untuk mengembalikan kecepatan uji swab PCR di Bali sehingga penanganan Covid-19 juga bisa lebih cepat dilakukan.

Apalagi pasien yang melakukan pemeriksaan PCR akan mendapatkan hasil PCR yang didapat lebih cepat di hari yang sama alias sameday. Ini sebenarnya juga sejalan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Bali yang mendukung langkah provinsi Bali untuk mulai membuka aktivitas pariwisata.

Peluncuran produk biomolecular, lanjut Mesha, juga merupakan jawaban dalam mengahdapi pandemi Covid-19 di Indonesia, di mana varian produk biomolecular tersebut bervariasi mulai dari pemeriksaan Polymerase Chain Reactions (PCR) & TCM (Test Cepat Molecular), Rapid Antibody (Eclia/ICT), Rapid Antigen yang merupakan rangkain pemeriksaan yang berguna untuk mendeteksi terserangnya seseorang terhadap penyakit Covid-19.

Perlu diketahui, dari April 2020 sampai dengan 31 Desember 2020, pihaknya telah berhasil melaksanakan sebanyak 148.577 pemeriksaan PCR. Ini merupakan upaya aktif membantu pemerintah dalam menumpas pandemi Covid-19 yang masih menghantui rakyat Indonesia hingga kini.

Layanan pemeriksaan pasien Covid-19, terang Mesha, juga bisa dilakukan dengan layanan homecare. Di mana layanan homecare ini, dilakukan dengan memberikan layanan Kesehatan langsung ke rumah pasien. Diharapkan ini semua bisa segera membantu pemerintah mengatasi pandemi Covid-19.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini