Beautypedia, 6 Cara Merawat Kecantikan dan Kesehatan Kuku

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 23 Maret 2021 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 611 2382659 beautypedia-6-cara-merawat-kecantikan-dan-kesehatan-kuku-wE657PJ2Rf.jpg Cara merawat kuku (Foto: Vogue Clash)

Sebagai wanita, mewarnai kuku merupakan salah satu hal yang digemari. Karena bagaimanapun, kuku yang diwarnai dapat membantu meningkatkan kecantikan agar paripurna.

Makanya, tak heran jika wanita gemar bergonta-ganti warna kuku. Namun untuk melakukan hal tersebut, kondisi kuku harus dalam keadaan sehat dan kuat.

Jika kuku Anda tidak terhidrasi, maka kuku akan mudah pecah dan rapuh. Karena itu, berikut hal-hal yang perlu Anda terapkan untuk menciptakan kuku yang cantik dan sehat, sebagaimana dilansir Poppdapp.

 cat kuku

1. Perhatikan bahan-bahan dalam cat kuku Anda

Sangat penting untuk melihat bahan-bahan cat kuku Anda. Jauhi cat kuku yang mengandung dibutyl phthalate, formaldehyde, dan toluene. Bahan kimia ini tidak hanya beracun, tetapi juga menambah kerapuhan, pecah-pecah, dan penghilangan warna pada kuku.

2. Pijat kuku dengan olive oil sebelum tidur

Minyak zaitun adalah ramuan ajaib untuk tubuh manusia. Selain sangat bermanfaat untuk rambut, kulit dan mata, ini juga memberikan keajaiban untuk kuku. Rendam ujung jari Anda dengan minyak zaitun virgin yang sedikit hangat selama 10-15 menit.

Setelah itu pijat pada kuku dan ujung jari dengan gerakan memutar. Ini memberikan kekuatan, nutrisi & pelembab pada kuku. Ini juga membantu memberi nutrisi pada kutikula yang membuat kuku Anda tumbuh lebih cepat dan lebih kuat.

 

3. Gunakan sarung tangan saat menyentuh deterjen

Kita tidak bisa lepas dari pekerjaan rumah tangga seperti mencuci pakaian atau mencuci piring. Tetapi deterjen menyebabkan banyak kerusakan pada enamel kuku yang menyebabkan kurangnya kilau dan kerapuhan.

Jadi, coba gunakan deterjen dengan sarung tangan Anda. Ini tidak hanya akan melindungi kutikula kuku Anda dari kerusakan, tetapi juga akan melindungi tangan Anda menjadi kasar dan dehidrasi.

4. Gunakan base coat untuk melindungi kuku

Sangat penting untuk memasang lapisan dasar enamel transparan sebelum mengoleskan cat kuku Anda. Ini akan melindungi kuku Anda dari noda yang tidak perlu. Base coat juga melindungi kuku dari bahan kimia berbahaya yang kita sentuh setiap hari.

Misalnya ketika Anda menggunakan pembersih beralkohol, ini membersihkan bakteri di tangan. Tetapi sebagai efek samping, itu membuat tangan dan kuku khususnya mengalami dehidrasi.

5. Jaga tubuh tetap terhidrasi

Air memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Itu membuat pencernaan kita baik, rambut lebih sehat, kulit lebih indah dan pemeliharaan berat badan yang lebih baik. Minum banyak air membuat pertumbuhan rambut dan kuku yang lebih baik.

Ketika tubuh Anda kekurangan hidrasi yang tepat maka kuku cenderung terkelupas atau menjadi rapuh. Jumlah air yang baik membuat kuku menjadi kuat, fleksibel, dan lebih berkilau.

 

6. Jangan menggigit kuku

Menggigit kuku tidak hanya akan berdampak buruk pada perut Anda, tetapi juga akan membuat kuku Anda tumbuh dengan bentuk yang aneh. Selalu disarankan untuk memotongnya dengan pemotong kuku yang tajam atau mengikirnya dengan filer yang higienis.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini