YouTuber Dede Kustiawan Ungkap Bahasa Ngapak Banyak Penggemarnya

Selasa 23 Maret 2021 09:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 612 2382428 youtuber-dede-kustiawan-ungkap-bahasa-ngapak-banyak-penggemarnya-tuhCR5mLsv.jpg YouTuber Dede Kustiawan dan tim. (Foto: Facebook DDK Cingire)

BAHASA ngapak merupakan salah satu bahasa daerah yang sangat unik. Tidak seperti bahasa Jawa pada umumnya, logat bahasa ngapak terkenal sangat khas.

Kalimat terkenal bahasa ngapak yaitu "Ora ngapak ora kepenak" yang artinya 'Kalau tidak ngomong dengan bahasa ngapak, tidak enak'.

Bahasa ngapak disorot di media sosial setelah seorang YouTuber sering mengunggah video pendek menggunakan bahasa ngapak.

Dede Kustiawan adalah YouTuber asal Kebumen yang memiliki lebih dari 1 juta subscriber di YouTube. Dede membuat video-video pendek berawal dari iseng, namun ternyata banyak yang suka dengan video-videonya tersebut.

YouTuber Dede Kustiawan dan tim. (Foto: Facebook DDK Cingire)

Dede sering membuat film pendek dengan Dialek Banyumasan atau yang sering disebut bahasa ngapak. Bahasa Jawa ini umumnya digunakan oleh masyarakat wilayah barat Jawa Tengah, Banten Utara, sampai daerah Cirebon-Indramayu.

Pada 18 Maret 2021, Dede mengunggah video berjudul "Seru Banget! Jalan-jalan ke Klaten" yang berisi video tentang proses syuting film pendek 'Cingire di Klaten, Jawa tengah'. Dalam video unggahannya, terlihat proses syuting film yang sederhana namun tetap seru dan berkesan.

Dalam deskripsi video-video YouTube-nya, Dede sering menulis "Hargai karya anak bangsa, apa maning karya bocaeh dewek" yang artinya 'Hargai karya anak bangsa, apalagi karya anaknya sendiri'.

Yuk tonton keseruan Dede Kustiawan dengan logat ngapak-nya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini