Mau Coba Catur setelah Nonton Dewa Kipas dan Irine? Yuk Kenali Tipenya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 23 Maret 2021 18:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 612 2382858 mau-coba-catur-setelah-nonton-dewa-kipas-dan-irine-yuk-kenali-tipenya-0UiruDNVVv.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KOMPETISI catur tiba-tiba menyita perhatian netizen Indonesia, lantaran Dadang Subur, atau lebih dikenal sebagai Dewa_Kipas mengklaim diperlakukan tidak adil. Anaknya pun melayangkan protes pada situs chess.com.

Sang Dewa_Kipas pun akhirnya menarik perhatian Deddy Corbuzier untuk melakukan wawancara. Tapi, salah satu Gran Master (GM) Indonesia, Irene menilai apa yang dikatakan Dewa_Kipas tidak tepat, dia pun menantang Dewa_Kipas untuk bertanding catur. Di luar dugaan, siaran langsung pertandingan keduanya menyita animo masyrakat cukup tinggi, bahkan mencapai 1 juta orang.

Permainan ini sebenarnya cukup sederhana, tapi membutuhkan banyak trik dan strategi untuk dimainkan. Seiring berkembangnya zaman, catur kini memiliki berbagai macam jenis. Merangkum dari berbagai sumber, MNC Portal Indonesia akan membagikan berbagai macam jenis catur.

Quick Chess

Catur

Sesuai dengan namanya catur jenis ini digunakan untuk permainan singkat. Jumlah perangkat caturnya pun hanya 10 buah pada masing-masing warna. Hanya tersedia satu benteng, kuda, gajah, menteri, raja, serta lima buah pion.

Berdasarkan situs jual beli Chess USA, harga untuk seperangkat quick chess ini dibanderol seharga USD5,95 atau sekira Rp85.695.

Chess4 Chess Set

Catur

Pada umumnya catur dimainkan oleh dua orang. Namun catur yang satu ini bisa dimainkan oleh empat orang. Catur ini memiliki papan yang lebih besar dan lebih banyak perangkat.

Berdasarkan situs jual beli Chess USA, harga untuk seperangkat quick chess ini dibanderol seharga USD39,95 atau sekira Rp575.387.

Wooden Three Player Chess

Catur

Catur jenis ini bisa dimainkan oleh tiga orang. Namun papan catur yang digunakan berbentuk sedikit berbeda yakni bukan persegi panjang melainkan prisma segi enam.

Situs Amazon membanderol catur jenis ini dengan harga USD84,95 atau setara dengan Rp1.223.507.

Three Man Chess (Circle)

Catur

Catur ini bisa dimainkan oleh tiga orang. Namun memiliki bentuk papan yang unik yakni lingkaran. Catur jenis ini dijual di situs jual beli online Amazon dengan harga USD49,95 atau sekira Rp719.413.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini