5 Hal yang Dianggap Tak Etis saat Virtual Meeting

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 23 Maret 2021 19:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 612 2382876 5-hal-yang-dianggap-tak-etis-saat-virtual-meeting-9T9WCxY99d.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PANDEMI Covid-19 membuat sebagian besar perusahaan dan karyawannya akrab berkomunikasi melalui daring, alias virtual lewat Zoom, Google Hangouts dan berbagai platform komunikasi video lainnya.

Salah satunya rutinitas meeting atau rapat yang biasanya digelar secara langsung. Kini banyak dilakukan dengan cara online. Tapi sayangnya, meski sudah sering dilakukan sehari-hari. Sebagian orang belum memahami soal etika saat meeting virtual.

Apa saja sebetulnya hal atau tindakan yang tak pantas dilakukan ketika meeting virtual? Mewarta Huffingtonpost, berikut ulasan singkat 5 hal yang menurut para pakar etika, tak pantas dilakukan saat meeting virtual.


Tidak mute

Tidak mute tombol mic di saat bukan giliran berbicara, disebutkan oleh Nick Leighton, ahli etika sebagai keluhan nomor satu seputar meeting virtual. Tidak menekan tombol mute ini, membuat kondisi meeting jadi berisik dan orang lain bisa terganggu karena banyaknya suara-suara asing yang masuk.

Ketika sedang tidak berbicara, matikan tombol mic alias mute mic Anda agar mengurangi suara background, apalagi jika lingkungan Anda penuh suara hiruk pikuk.

Zoom meeting

Bergosip di kolom chat

Nick menyebutkan, tindakan satu ini bukan hanya tidak sopan tapi juga berpotensi merusak karier Anda. Apalagi obrolan yang dibahas adalah menggosipkan tentang orang lain, atau rekan sesama kolega di pekerjaan.

Terlambat hadir

Dalam dunia virtual, on time artinya muncul tepat waktu di depan kamera dengan keadaan semuanya sudah siap. Patricia Rossi, ahli tata krama dan keynote speaker mengatakan, idealnya kita bisa menyiapkan kamera, mic, beberapa menit sebelum waktu meeting yang dijadwalkan.

Tujuannya agar kita bisa mengecek apakah koneksi internet yang kita miliki stabil atau ada gangguan. Saat semuanya sudah oke dan siap, Anda juga akan lebih relaks menghadapi meeting.

Berpakaian terlalu santai

Jangan terlena dengan kenyamanan bekerja dari rumah, lalu muncul di rapat penting dengan mengenakan piyama atau baju rumahan. Meeting virtual bukan berarti kita bisa berpenampilan seadanya. Sama seperti di dunia nyata, kita juga harus bersiap saat di dunia virtual sekalipun.

“Berpakaianlah yang rapi, berdandan yang rapi. Berikan level penting yang sama seperti ketika meeting normal di kantor,” ujar Patricia.

Makan di depan kamera

Sebisa mungkin, sebaiknya jangan makan di depan kamera. Inilah kenapa, biasanya jadwal meeting virtual dipilih di jam setelah makan siang. Jika terpaksa meeting saat makan siang, atau harus makan ketika rapat virtual ini, Nick Leighton menyarankan pilih makanan yang mudah dimakan, tidak membuat berantakan dan tidak rumit sehingga bisa terlalu menganggu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini