Chef Arnold Masak Steak Spesial, Tak Semua Orang Kaya Bisa Makan Ini!

MNC Media, Jurnalis · Rabu 24 Maret 2021 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 24 298 2383137 chef-arnold-masak-steak-spesial-tak-semua-orang-kaya-bisa-makan-ini-xNkrlx6qL7.jpg Chef Arnold (Foto : YouTube/Arnold Poernomo)

Chef Arnold Poernomo mencuri perhatian netizen lewan konten memasaknya di Youtube. Salah satu juri MasterChef Indonesia tersebut memasak steak daging Wagyu Jepang A5 yang spesial, mahal, dan unik.

Pernahkah kamu mendengar daging wagyu A5? A5 merupakan salah satu klasifikasi daging yang ditentukan dengan ketat oleh Japanese Meat Grading Association.

Hal-hal yang dinilai dalam menentukan klasifikasi daging yaitu Beef Marbling Score (BMS), Beef Color Standard (BCS), Beef Fat Standard (BFS), kepadatan, dan tekstur dari daging. Daging Wagyu A5 merupakan daging dengan skor nilai yaitu BMS 8-12, BFS 1-4, BCS 3-5, dan memiliki kepadatan dan tekstur yang sangat baik.

Chef Arnold

Chef Arnold juga menjelaskan kenapa daging ini begitu spesial, mahal, dan unik. “Jepang itu negara kecil tidak seperti Amerika dan Australia dimana sapi itu banyak sekali, sehingga mereka sangat menjaga kualitas dari sapi-sapi ini.” jelas Chef Arnold.

Di Indonesia, daging ini hanya memiliki sedikit distributor yang diakui oleh pemerintahan Jepang. Daging tersebut juga ada sertifikat halalnya, lho!

Baca Juga : Wika Salim Bosan dengan yang Gede, Intip 7 Gayanya Naik Motor Mini

Baca Juga : 4 Potret Menggoda Tante Ernie Sapa Ernielicious Usai Sembuh Covid-19

Wagyu A5 ini memiliki marble yang tidak biasa sampai-sampai setiap tahunnya ada kompetisi yang diadakan di Jepang untuk menilai kualitas daging sapi yang terbaik. Sapi-sapi ini sejak kecil dibesarkan dengan perawatan yang penuh oleh para peternak, hal tersebut membuat daging ini sangat mahal.

“Nggak semua orang yang punya duit itu bisa beli ini karena quantity nya limited” tutur Chef Arnold.

Untuk memotong daging, Chef Arnold menggunakan tisu supaya tangannya tidak langsung menyentuh daging tersebut. Karena hanya dengan sentuhan tangan, lemak dari daging ini bisa langsung lumer.

Untuk memasak dagingnya, Chef Arnold hanya memakai garam sebagai bumbu. “Kalau daging seperti ini, let the quality speaks” jelas Chef Arnold.

Ia juga tidak memakai minyak karena minyak sudah cukup dengan lemak dari daging itu sendiri. Chef Arnold menyiapkan saus yang dibuat dari kuning telur, kecap asin Jepang, lada hitam, daun bawang dan pasta truffle untuk membuat daging tersebut makin lezat!

Daging A5

“It’s a piece of art” komentar Chef Arnold terhadap daging yang sudah siap disajikan.

Yuk tonton video Chef Arnold masak daging Wagyu A5 di YouTube channel Arnold Poernomo sekarang!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini