Cuaca Ekstrem, Ini 5 Cara agar Anak Tak Gampang Sakit

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 24 Maret 2021 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 24 481 2383181 cuaca-ekstrem-ini-5-cara-agar-anak-tak-gampang-sakit-dHlSNUuy40.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Anak-anak memiliki metabolisme yang belum terbentuk sempurna. Maka ketika perubahan cuaca ekstrem, mereka lebih rentan dan berisiko terkena penyakit seperti diare hingga flu.

"Imunitas yang dimilikinya belum terbentuk sempurna, serta belum mengenal jutaan variabel penyebab penyakit seperti bakteri, kuman dan virus," ujar Medical Expert Combiphar dr. Carlinda Nekawaty dalam webinar Cuaca Ekstrem Melanda, Combiphar Ingatkan Pentingnya Lindungan di Kecil dari Penyakit, kemarin. 

Berikut ini lima langkah yang dapat ibu terapkan, guna menjaga agar anak terhindar dari serangan penyakit, utamanya selama perubahan cuaca ekstrem.

1. Menjaga kebersihan

Anak Cuci Tangan

Sumber penyakit seperti virus penyebab flu dan diare, debu, asap serta bulu binatang sebagai penyebab alergi, dapat muncul dari kotoran yang menempel di tubuh anak maupun lingkungan sekitar.

Membiasakan anak untuk menjaga kebersihan diri seperti mandi secara rutin, menggunting kuku, dan mencuci tangan menjadi langkah efektif. Menjaga kebersihan rumah dari debu dan kelembaban juga perlu dilakukan ibu.

Baca Juga : Wika Salim Bosan dengan yang Gede, Intip 7 Gayanya Naik Motor Mini

Baca Juga : 5 Foto Seksi Bunga Citra Lestari dalam Balutan Dress Bikin Mata Terpesona

2. Mengajak anak rutin berolahraga

Olahraga

Aktivitas fisik yang tinggi kepada anak, dapat memberikan efek positif pada sistem kekebalan tubuhnya. Menemani anak untuk aktif bergerak juga memberikan manfaat lebih pada kesehatan orangtua.

3. Memastikan anak tidur dengan cukup

Jam tidur anak dapat memengaruhi metabolisme yang ada di dalam tubuhnya. Oleh karenanya, anak usia 3 hingga 6 tahun perlu mencukupi jam tidur sebanyak 11-13 jam, dan di usia 6 hingga 12 tahun sebanyak 10 jam.

4. Hindari anak dari orang lain yang sedang sakit

Anak Pakai Masker

Virus dan bakteri mudah menular dari orang terdekat sekali pun, salah satunya melalui air liur. Tetesan lendir yang dikeluarkan melalui bersin atau batuk, dapat dengan mudah menginfeksi orang lain dalam jarak dekat, terutama jika berbagi makanan dan minuman.

5. Penuhi kebutuhan mikronutrien

Kebutuhan mikronutrien yang cukup dapat membantu pembentukan sistem imunitas anak, dan menjaga anak tetap dalam kondisi sehat.

Zat yang diperlukan tubuh seperti seng, vitamin C, vitamin A, dan vitamin B kompleks merupakan nutrien yang memainkan peranan penting pada daya tahan tubuh atau imunitas anak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini