Wajib Tahu, Ini Perbedaan Flu Biasa dan Influenza

Antara, Jurnalis · Rabu 24 Maret 2021 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 24 481 2383270 wajib-tahu-ini-perbedaan-flu-biasa-dan-influenza-eE020PdJ9x.jpg Ilustrasi gejala flu. (Foto: Shutterstock)

TERNYATA flu biasa dan influenza memiliki perbedaan. Selesma alias flu biasa (common cold) serta influenza memang memiliki gejala serupa, tapi sebenarnya penyakit yang berbeda.

"Secara awam, masyarakat tidak bisa membedakan. Influenza disebabkan virus influenza, flu biasa disebabkan rhinovirus," kata praktisi kesehatan Dokter Carlinda Nekawaty dalam webinar kesehatan, Selasa 23 Maret 2021, seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Akan Berakhir Alami dan Menjadi Influenza 

Gejala flu. (Foto: Shutterstock)

Gejala umum influenza memang mirip seperti flu biasa yakni sakit kepala, lemah, bersin, batuk, serta pilek. Orang yang mengalami selesma bisa mengalami gejala sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

Lantas, apa perbedaan flu biasa dan influenza?

Baca juga: Hidung Meler karena Ruangan Ber-AC, Ini 4 Cara Mengatasinya 

Selesma atau flu biasa dapat membaik tanpa vaksin atau pengobatan khusus dari dokter. Gejalanya lebih ringan dan rata-rata tidak membutuhkan pengobatan spesifik. Flu biasa bisa disembuhkan bila daya tahan tubuh dimaksimalkan.

Sementara influenza memiliki gejala yang lebih berat seperti demam tinggi, nyeri otot, dan sakit kepala yang cukup hebat dibandingkan selesma. Bila tidak diobati, influenza bisa menimbulkan komplikasi, termasuk infeksi paru-paru alias pneumonia.

Kemiripan antara dua penyakit ini harus diwaspadai orangtua ketika anaknya jatuh sakit. Jangan sampai anak yang sedang influenza disangka hanya terkena flu biasa sehingga penanganannya tidak tepat.

"Salah satu gejala influenza adalah nyeri otot, jadi anak bisa merasa pegal-pegal, linu di seluruh badan. Bisa jadi dia merengek tidak mau sekolah karena badannya sakit. Sakit kepala berat juga mengarah ke (gejala) influenza," jelasnya.

Baca juga: Dokter Tirta Sebut Orang yang Sering Terkena Influenza Lebih Kuat Hadapi Virus 

Jika flu biasa alias selesma mengalami puncak tingkat keparahan selama 2 hingga 3 hari, keluhan influenza bisa dialami 5 sampai 10 hari bahkan berlanjut hingga 1 bulan.

"Vaksin tahunan dapat membantu mencegah dan membatasi komplikasinya," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini