Obesitas pada Anak Merupakan Penyakit, Ini Cara Mengatasinya

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 25 Maret 2021 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 24 481 2383573 obesitas-pada-anak-merupakan-penyakit-ini-cara-mengatasinya-m0F7FZgvVY.jpg Ilustrasi anak-anak. (Foto: Nensuria/Freepik)

OBESITAS yang terjadi pada anak bukan tanpa sebab. Ada beberapa faktor, di antaranya adalah genetik, pola makan, dan kurangnya aktivitas yang melibatkan gerak tubuh.

Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia Bali (IDAI) Dr dr I Gusti Lanang Sidiartha Sp.A(K) mengatakan obesitas pada anak merupakan penyakit. Ini sama halnya dialami oleh orang dewasa.

Baca juga: Faktor Penyebab Obesitas Anak, Salah Satunya Zoom Sambil Ngemil 

"Untuk itu harus dicegah dan kalau sudah terjadi obesitas harus segera ditangani," katanya dalam acara 'Peringatan Hari Obesitas Sedunia 2021' yang disiarkan kanal YouTube Kementerian Kesehatan, Rabu 24 Maret 2021.

Anak-anak. (Foto: Pvproductions/Freepik)

Ia melanjutkan, di masa pandemi covid-19 ini peningkatan obesitas terhadap anak perlu diwaspadai. Sebab terlalu banyak berdiam diri di rumah, kurangnya aktivitas gerak, sementara menyantap makanan yang anak sukai terus terjadi.

Baca juga: 1 dari 3 Orang Dewasa Indonesia Alami Obesitas, Kamu Masuk Golongan Mana? 

Oleh karena itu, lanjut dia, mengatur pola makan yang lebih sehat kepada anak harus dilakukan. Terlebih di masa pandemi, kesehatan serta imunitas wajib dijaga.

"Makan teratur, bisa membuat metabolisme tubuh baik dan peningkatan berat badan bisa dikendalikan," katanya.

Tidak cukup makan sehat saja, anak-anak juga diharuskan sarapan, makan siang, makan malam. Di sela-sela waktu tersebut, orangtua bisa memberikan air putih atau buah-buahan sebagai penyeimbang makanan.

"Di rumah jangan siapkan snack atau soft drink. Kalau untuk camilan bisa diberikan air putih atau buah saja," terangnya.

Baca juga: 25% Prediabetes Berisiko Jadi Diabetes Tipe 2 dalam 3-5 Tahun 

Ia melanjutkan, aktivitas fisik juga perlu dilakukan, meski hanya di rumah. Misalnya jika punya halaman yang luas, anak-anak bisa bermain atau sekadar berlarian 30 sampai 60 menit untuk membakar kalori yang ada di dalam tubuhnya.

"Kalau mau sederhana sekali, bisa ajak anak untuk bantu menyapu, memasak, membersihkan kebun, merapikan tempat tidur, itu juga sudah termasuk melakukan aktifitas sehari-hari," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini