4 Cara Alami Menjaga Kesehatan Kulit Bayi

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Kamis 25 Maret 2021 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 24 481 2383583 4-cara-alami-menjaga-kesehatan-kulit-bayi-XE6luVzOAe.jpg Ilustrasi menjaga kesehatan kulit bayi. (Foto: Jcomp/Freepik)

MENJAGA kesehatan kulit tidak hanya diperlukan orang dewasa, tapi juga bayi. Dengan menjaga kesehatan kulit bayi, maka akan membuatnya nyaman dan lebih baik untuk pertumbuhannya.

Menjaga kesehatan kulit bayi bisa dengan cara membuatnya tetap hangat, mengonsumsi asupan bergizi, dan semacamnya.

Bayi sendiri memiliki kulit yang lembut dan sensitive. Ini membutuhkan perawatan dan perlindungan tambahan. Penuhi rangkaian menjaga kesehatan kulitnya secara alami untuk membuatnya tetap lembut, kenyal, dan bercahaya.

Seperti dilansir laman Feminaindia, Kamis (25/3/2021), inilah rangkaian menjaga kesehatan kulit bayi secara alami.

Baca juga: Ibunya Sudah Divaksin, Bayi yang Baru Lahir Ini Miliki Antibodi Covid-19 

1. Pijat tubuh bayi

Bayi kecil menyukai pijatan. Ini melemaskan anggota badan dan lengan mereka yang lelah karena gerakan sepanjang hari. Ini membantu menenangkan indera aktif mereka dan tidur lebih nyenyak.

Pijat sebelum mandi memiliki beberapa manfaat tambahan yakni penambahan berat badan yang sehat, membantu pencernaan, dan sirkulasi yang lebih baik.

Minyak pijat bayi kaya nutrisi yang diformulasikan secara khusus untuk menjaga pertumbuhan dan nutrisi anak harus digunakan. Ini memperkuat pembuluh darah dan mengintensifkan mineralisasi tulang.

Ilustrasi bayi. (Foto: Freepik)

2. Rutinitas mandi

Kembangkan rutinitas mandi mingguan untuk bayi baru lahir. Sering mandi menghilangkan minyak alami yang dimiliki bayi sejak lahir. Beri mereka jadwal mandi yang lengkap pada hari-hari tertentu dalam seminggu.

Gunakan pembersih lembut bebas bahan kimia atau sabun mandi bayi yang membantu menjaga kulit tetap kenyal dan sehat. Di antara hari-hari tersebut, bersihkan bagian atas bawah dengan waslap hangat atau bola kapas untuk menjaga bayi kecilmu tetap bersih dan nyaman.

3. Hindari produk beraroma

Pengharum buatan dapat menyebabkan iritasi pada kulit halus bayi. Bahkan dokter anak menganjurkan untuk tidak menggunakan produk yang mengandung pewangi atau produk yang memiliki sifat antibakteri yang keras. Ini cenderung menyebabkan ruam atau kekeringan ekstrem pada bayi. Aditif kimiawi digunakan untuk meningkatkan daya tarik kosmetik produk bayi.

Baca juga: Bayi Anda Sulit Tidur di Malam Hari? Coba Tips Ini 

4. Jaga kulit tetap terhidrasi

Kulit bayi cenderung menjadi kering dan tidak merata. Pelembap alami harus digunakan setelah mandi agar kulit tetap terhidrasi, lembut, dan kenyal. Pilih produk yang dirancang dengan cermat untuk memberikan hidrasi dan perlindungan yang tahan lama, terutama mengingat kulit halus bayi yang membutuhkan perawatan ekstra.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini